get app
inews
Aa Read Next : Prodi Manajemen UNISRI Surakarta Tingkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa

FISIP UNISRI Gelar Pelatihan Diskusi Ilmiah, Ini Manfaatnya

Rabu, 18 September 2024 | 22:02 WIB
header img
Damayanti Suhita sedang memberikan pelatihan diskusi ilmiah yang diadakan Ilmu Administrasi Negara FISIP UNISRI. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SOLO, iNewsbadung.id - Program studi (Prodi) Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) gelar pelatihan diskusi ilmiah tentang  metode penelitian. 

Banyak manfaat dari pelatihan diskusi ilmiah ini, antara lain disebutkan Drs. Damayanti Suhita, M.Si., Ketua Program Studi (Kaprodi) Administrasi Negara, FISIP UNISRI, yakni meningkatkan pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam penelitian. 

Manfaat lain adalah untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi tugas akhir, skripsi atau penelitian lain, meningkatkan keterampilan akademik, penyamaan presepsi metode penelitian yang benar dan membuat para dosen lebih siap melakukan penelitian berkualitas.

Melalui pelatihan diskusi ilmiah yang digelar belum lama ini di Kampus UNISRI, Damayanti Suhita menegaskan bahwa tujuan pelatihan yaitu memperkenalkan konsep dasar penelitian. 

Menurut Damayanti Suhita, peserta diajarkan definisi, tujuan dan pentingnya penelitian dalam dunia akademik dan praktis. 

Para peserta yang merupakan dosen UNISRI ini juga diperkenalkan jenis-jenis metode penelitian, meliputi  kuantitatif, kualitatif dan campuran. 

Tidak hanya itu, peserta juga belajar memahami kapan dan cara menggunakan, serta mengembangkan keterampilan praktis. 

"Pelatihan ini juga berfokus pada keterampilan praktis, seperti pengumpulan data, analisis data dan penulisan laporan penelitian," ujar Damayanti. 

Dimulai dengan pemaparan terkait pentingnya penelitian, Damayanti Suhita memberikan wawasan tentang topik-topik terkini dan relevansi penelitian dalam konteks sosial, ekonomi, serta budaya. 

Para peserta juga belajar tentang perumusan masalah, cara mengidentifikasi dan merumuskan masalah penelitian. 

Selain itu para peserta juga memilih metode yang tepat dalam penelitian yang akan dilakukan, termasuk pengumpulan data, teknik pengumpulan data yang efektif, yang meliputi survei, wawancara dan observasi.

Masing-masing anggota diskusi juga diberikan tugas merancang proposal penelitian sederhana, di mana para peserta harus menentukan judul, tujuan, metodologi, rencana pengumpulan dan analisis data.

Presentasi di hadapan kelompok lain juga dilakukan para peserta, sehingga memberikan pengalaman langsung yang sangat berharga. 

Ditambahkan Damayanti Suhita, pelatihan metode penelitian ini merupakan langkah penting penyamaan pemahaman tentang konsep metode penelitian bagi dosen ilmu administrasi negara. 

"Harapannya semakin memahami secara mendalam tentang metode penelitian," pungkas Damayanti Suhita. 

Semoga tulisan tentang FISIP UNISRI Gelar Pelatihan Diskusi Ilmiah, Ini Manfaatnya, dapat berguna bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut