get app
inews
Aa Read Next : Rayakan HUT ke-16, DPC IWAPI Karanganyar Dolan Sehat dan Edukasi

Rakerda ke-3 DPD IWAPI Jawa Tengah Ajak Anggota Fokus Digital

Selasa, 20 Agustus 2024 | 20:49 WIB
header img
Nita Yudi saat memberikan sambutan pada Rakerda ke-3 DPD IWAPI Jawa Tengah di Kota Semarang. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

SEMARANG, iNewsbadung.id - Rapat Kerja Daerah (Rakerda) ke-3 DPD IWAPI Jawa Tengah yang diselenggarakan Senin (19/8/2024), ajak para anggota terus fokus digital. 

Menurut Ketua Umum DPP IWAPI, Ir. Nita Yudi, M.B.A., tantangan wanita pengusaha saat ini adalah masalah digital, sehingga harus fokus pada digital. 

Karena itu, Nita Yudi berharap para anggota IWAPI tetap melakukan promosi dan kerjasama dengan marketplace. 

"Tahun lalu IWAPI membuat IWAPI digital, yang akan dishare agar DPC dan DPD bisa masuk di website, sehingga bisa berguna untuk para konsumen dan mitra agar dapat bergandengan tangan dengan IWAPI," urai Nita Yudi saat memberikan sambutan di Wisma Perdamaian Semarang. 

Ditambahkan Nita Yudi, IWAPI tidak bisa berjalan sendiri, karena itu sebagai lembaga non profit berada dalam payung KADIN dan juga bermitra dengan pemerintah.

Nita Yudi menyebutkan, selama ini pemerintah pusat telah memberikan banyak kepercayaan pada IWAPI, seperti membentuk Asean CEO Woman Forum 2023 di JW Marriot Jakarta, serta Pesta Rakyat ASEAN. 

Selain konsisten pada pemberdayaan ekonomi perempuan, Nita Yudi menghimbau anggota IWAPI agar selalu menjaga kepercayaan pemerintah, menjaga marwah dan meningkatkan perekonomian Indonesia. 

Di hadapan 400 anggota IWAPI se-Jateng, Nita Yudi menyarankan agar membuat program kerja yang bermanfaat, mengingat pasar semakin luas.

Sementara Ketua DPD IWAPI Jawa Tengah, Ning Wahyu berharap agar pemerintah selalu melibatkan IWAPI sehingga bisa selalu berpartisipasi membantu pemerintah dalam membantu perbaikan ekonomi di Jawa Tengah. 

Ning Wahyu berharap, Rakerda ke-3 ini dapat melaksanakan program kerja 2024 yakni kerjasama dengan dinas pemerintah seperti Dinas Kesehatan Jawa Tengah dalam hal pencegahan stunting, serta kerjasama misi dagang dengan dinas dan mitra terkait. 

Target program kerja lain adalah mengembangkan perluasan pembentukan ranting, di mana selama pada tahun 2024 sudah terbentuk sembilan ranting di Jawa Tengah. 

"Surakarta ada lima kecamatan, semua sudah ada rantingnya. Sragen ada satu  ranting, Sukoharjo ada satu ranting dan  Kabupaten Semarang memiliki dua ranting," jelas Ning Wahyu. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Jawa Tengah, Sumarno, S.E., M.M., menegaskan bahwa terwujudnya UMKM tangguh merupakan tanggungjawab Aparatur Sipil Negara (ASN). 

ASN disebutkan Sumarno, bertanggungjawab dalam memberikan perizinan bagi UMKM.  

"Jika UMKM tidak maju berarti amanah ASN tidak berjalan dengan baik," tegas Sumarno. 

Dalam sambutannya, Sumarno memberikan apresiasi terhadap DPD IWAPI Jawa Tengah yang sudah terbentuk di 36 kabupaten kota Jawa Tengah. 

Sumarno berharap, IWAPI semakin besar, sehingga semakin banyak kegiatan yang dapat membesarkan anggota dan mampu menurunkan angka pengangguran di Jawa Tengah. 

Dalam organisasi, Sumarno menyebutkan selalu ada masalah, yang menjadi dinamika, karena itu anggota IWAPI dihimbau selalu pandai menyikapi dalam berinteraksi dan bekerjasama. 

Rakerda ke-3 ini juga dimeriahkan dengan penetapan DPC Teladan se-Jawa Tengah dan Perempuan Pengusaha Berprestasi se-Jawa Tengah. 

Kriteria DPC Teladan disebutkan Ning Wahyu antara lain tertib administrasi, 
sudah melaksanakan Rakercab di tahun berjalan, jumlah ranting yang sudah dibentuk dan jumlah anggota DPC. 

Dari kriteria yang ditentukan, DPC IWAPI Kabupaten Semarang ditetapkan sebagai juara pertama, di mana dalam satu tahun dapat membentuk dua ranting, serta menambah anggota milenial terbanyak. 

Juara dua diraih DPC IWAPI Kota Surakarta, yang sudah mempunyai lima  ranting, mempunyai koperasi dan kantor sendiri.

Juara tiga, diperoleh DPC IWAPI  Kabupaten Banyumas. 

Sedangkan Perempuan Pengusaha Berprestasi, diraih Septi Utami, dari DPC IWAPI Kota Surakarta, yang telah mengubah karung goni menjadi sepatu, di mana sudah berhasil melakukan eksport.

Juara kedua diperoleh Eka Fitrianingsih, anggota DPC IWAPI Kota Semarang, seorang pengusaha catering yang aktif membenahi dan memberi semangat ibu-ibu saat pandemi Covid-19. 

Nur Afifah, anggota DPC IWAPI Kota Semarang yang telah melakukan inovasi bakso tahu dan lumpia ini berhasil meraih juara tiga. 

Rakerda ini diikuti 29 DPC aktif, seperti DPC IWAPI Kabupaten Karanganyar, DPC IWAPI Klaten, DPC IWAPI Surakarta, Grobogan, Salatiga dan DPC lain seperti DPC IWAPI Temanggung, yang merupakan DPC di mana baru dilantik Kamis (15/8/2024). 

Semoga tulisan tentang Rakerda ke-3 DPD IWAPI Jawa Tengah Ajak Anggota Fokus Digital, dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut