get app
inews
Aa Read Next : Bupati Karanganyar Ajak Pengunjung Hampiri Peluang dengan Literasi

Disarpus Karanganyar Miliki Banyak PR Setelah Raih Sertifikasi Akreditasi A

Jum'at, 10 November 2023 | 19:17 WIB
header img
Disarpus Karanganyar miliki banyak PR setelah raih Sertifikasi Akreditasi A. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

KARANGANYAR, iNewsbadung.id – Dinas Kearsipan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Karanganyar raih Sertifikasi Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Menurut Nurhayati, A.P., M.M., Kepala Disarpus Karanganyar, raihan Sertifikasi Akreditasi A ini merupakan kerja keras bersama antara pemerintah daerah, tim pustakawan dengan masyarakart yang secara aktif mendukung perbaikan perpustakaan.

“Besar harapan kami, Disarpus Karanganyar mampu memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat, terutama yang berkaitan dengan literasi,” jelas Nurhayati.

Terkait perolehan sertifikasi ini, Disarpus Karanganyar harus melalui perjuangan panjang, di mana lebih dari satu tahun mempersiapkan beberapa dokumen, termasuk foto dan video sebagai tahapan-tahapan yang harus dilakukan setelah pengajuan sertifikasi tahun 2022.

Sementara Priyanto, A.Md., Pustakawan Mahir Disarpus menjelaskan, mengacu pada aturan yang ditetapkan Perpustakaan Nasional RI, penetapan raihan sertifikasi akrediatasi A ini karena Disarpus Kabupaten Karanganyar sudah memiliki enam komponen, meliputi koleksi, sarana prasarana, tenaga pustakawan, manajemen, sumber daya manusia, keunikan dan lainnya.

Disebutkan Priyanto, penilaian enam komponen ini merupakan aktualisasi Perpustakaan Nasional RI terkait pengelolaan perpustakaan di tingkat kabupaten, kota, provinsi serta perpustakaan di sekolah-sekolah.

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut