get app
inews
Aa Read Next : Blusukan di Serengan, Respati Ardi Bertemu Lansia yang Mengenang Jasa Gibran

MPKSDI Muhammadiyah Surakarta Gelar Dialog Ideopolitor, Ini Ulasannya   

Senin, 06 November 2023 | 19:23 WIB
header img
MPKSDI Muhammadiyah Surakarta gelar dialog ideopolitor. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

Sementara pemateri lain yakni Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., Bendahara PWM Jawa Tengah, yang menjelaskan bahwa Islam berkemajuan adalah Islam teologis yang merupakan refleksi dari nilai-nilai transedensi, liberasi dan humanisasi, seperti tersirat dalam Ali Imron ayat 104 dan 110 yang menjadi inspirasi kelahiran Muhammadiyah.

"Mengajak kebaikan itu humanisasi, meninggalkan yang mungkar itu liberasi," ujar Sofyan Anif.

Dijelaskan Sofyan Anif, cita-cita hidup Muhammadiyah adalah membangun masyarakat Islam berdasarkan Alquran dan Assunah, di mana masyarakat Islam yang sebenar-benarnya adalah khaira ummah yang memiliki posisi dan peran umatan wasathan (umat tengahan) dan syuhada ala al-nas atau pelaku sejarah kehidupan manusia.

Sofyan Anif menambahkan, Islam berkemajuan adalah konsep yang melibatkan perkembangan agama Islam (Muamalah), mencakup pemahaman yang lebih dalam tentang sejarah Islam dan penerapan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Kemajuan dalam segala dimensi kehidupan, rohani maupun materi, oleh Muhammadiyah diistilahkan dengan istilah Islam berkemajuan, di mana ada lima ciri Islam berkemajuan, yaitu pertama, berlandaskan tauhid, artinya bukan sekedar keyakinan, tetapi memiliki implikasi bagi kehidupan sosial dan alam semesta.

Ciri kedua adalah kembali kepada Alquran dan Sunnah, berarti tidak hanya tekstual, namun dimensi logika pengetahuan dan teknologi. Dan ciri ketiga, yakni menghidupkan ijtihad dan tajdid. Keempat, mengembangkan wasatiyah, menjadi umat tengahan. Kelima, sifat rahmatan lil alamin, di mana sifat ini ditunjukkan kepada siapa saja tanpa membeda-bedakan latar belakang, perbedaan agama dan lingkungan.

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut