get app
inews
Aa Read Next : Siswa-Siswi SMP Muhammadiyah PK Surakarta Belajar Publik Speaking, Ini yang Diperoleh

Rayakan Hari Olahraga Nasional, SD Pangudi Luhur St. Timotius Kirab Gunungan Spesial

Jum'at, 08 September 2023 | 19:59 WIB
header img
Rayakan Hari Olahraga Nasional dengan cara berbeda, SD Pangudi Luhur St. Timotius kirab gunungan spesial. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

SOLO, iNewsbadung.id - Banyak cara dilakukan untuk merayakan Hari Olahraga Nasional, seperti SD Pangudi Luhur St. Timotius Surakarta, yang melakukan dengan cara berbeda, yakni dengan kirab gunungan spesial

Kirab gunungan yang dipersiapkan para guru, karyawan dan para siswa SD Pangudi Luhur St. Timotius Surakarta ini adalah gunungan peralatan olahraga, meliputi bola basket, bola sepak, bola voli, bola tenis lapangan, bola tenis meja, kok bulutangkis, dan bola sepak takraw. 

Menurut Timotius Marsono Adi, Kepala Sekolah SD Pangudi Luhur Santo Timotius Surakarta, dibuatnya gunungan peralatan olahraga ini dilakukan sebagai sarana doa. 

Namun bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional, Jumat (9/9/2023), Kepala Sekolah yang akrab disapa Mr. Adi ini mengatakan bahwa peralatan olahraga dipilih dengan bentuk gunungan. 

"Kalau orang Jawa, ini adalah budaya Jawa, di mana sekaligus sebagai wujud pembelajaran P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) bahwa filosofi gunungan tidak hanya sebagai pengantar doa, tetapi juga ada filosofi khusus yang dapat disampaikan untuk anak-anak," urainya. 

Sementara Lusiyanto, Wali Kelas 5B saat memberikan sambutan mengatakan bahwa gunungan memiliki filosofi mendalam, di mana gunungan berasal dari kata dasar gunung, berarti benda yang menjulang tinggi. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut