get app
inews
Aa Read Next : Meriahkan HUT Dekranas ke-44, Wastra Nusantara Fashion Hadir Perdana di Kota Surakarta

Rayakan Hari Olahraga Nasional, SD Pangudi Luhur St. Timotius Kirab Gunungan Spesial

Jum'at, 08 September 2023 | 19:59 WIB
header img
Rayakan Hari Olahraga Nasional dengan cara berbeda, SD Pangudi Luhur St. Timotius kirab gunungan spesial. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

SOLO, iNewsbadung.id - Banyak cara dilakukan untuk merayakan Hari Olahraga Nasional, seperti SD Pangudi Luhur St. Timotius Surakarta, yang melakukan dengan cara berbeda, yakni dengan kirab gunungan spesial

Kirab gunungan yang dipersiapkan para guru, karyawan dan para siswa SD Pangudi Luhur St. Timotius Surakarta ini adalah gunungan peralatan olahraga, meliputi bola basket, bola sepak, bola voli, bola tenis lapangan, bola tenis meja, kok bulutangkis, dan bola sepak takraw. 

Menurut Timotius Marsono Adi, Kepala Sekolah SD Pangudi Luhur Santo Timotius Surakarta, dibuatnya gunungan peralatan olahraga ini dilakukan sebagai sarana doa. 

Namun bertepatan dengan Hari Olahraga Nasional, Jumat (9/9/2023), Kepala Sekolah yang akrab disapa Mr. Adi ini mengatakan bahwa peralatan olahraga dipilih dengan bentuk gunungan. 

"Kalau orang Jawa, ini adalah budaya Jawa, di mana sekaligus sebagai wujud pembelajaran P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) bahwa filosofi gunungan tidak hanya sebagai pengantar doa, tetapi juga ada filosofi khusus yang dapat disampaikan untuk anak-anak," urainya. 

Sementara Lusiyanto, Wali Kelas 5B saat memberikan sambutan mengatakan bahwa gunungan memiliki filosofi mendalam, di mana gunungan berasal dari kata dasar gunung, berarti benda yang menjulang tinggi. 

Gunungan disebutkan Lusiyanto memiliki dasar yang besar, dengan filosofi bahwa saat hendak mencapai puncak, harus melalui dasar selangkah demi selangkah. 

"Seorang atlet nasional apalagi yang mencapai perjuangan hingga tingkat internasional, selalu dimulai dari bawah atau dasar, tidak ada sejarahnya atlet Indonesia langsung naik ke puncak," usai guru yang banyak senyum ini. 

Untuk para atlet SD Pangudi Luhur St
Timotius Surakarta, pria yang biasa disapa Pak Lusi ini memberikan dorongan agar mau merangkak dari bawah untuk menuju puncak prestasi. 

Karena itu, gunungan yang dikirab dari sekolah menuju Benteng Vastenburg melalui jalan Imam Bonjol, jalan Slamet Riyadi dan jalan Sudirman ini disusun dari alat olahraga yang berukuran besar, yang menjadi dasar dan kekuatan menuju ke puncak. 

"Dasar menuju puncak, supaya merah putih di tahun 2045, ketika Indonesia masuk generasi emas tidak ada lagi generasi yang manja, tetapi menjadi generasi yang kuat," dorongnya. 

Menurut Lusiyanto, olahraga Indonesia, bertumbuh di bumi Nusantara, diusahakan supaya mencapai satu prestasi luar biasa, di kancah nasional ataupun internasional. 

Ditambahkannya, kirab ini merupakan kebanggaan bagi SD Pangudi Luhur St. Timotius Surakarta, serta menjadi sejarah baru bagi sekolah yang ingin mencetak atlet-atlet nasional dan internasional. 

"Siapa tahu diantara 1.026 siswa SD ini, nantinya banyak menjadi atlet-atlet berprestasi," dorong Lusi. 

Untuk memotivasi siswa-siswi, sekolah pun menghadirkan dua atlet difabel, yakni Banyu Tri Mulyo dan Wilma Margaretha Sinaga. 

Banyu Tri Mulyo adalah atlet tenis meja asal Kabupaten Tegal, Jawa Tengah yang berhasil menyabet dua medali emas saat ASEAN Paragames 2022 di Solo. 

Sedangkan Wilma Margaretha Sinaga adalah atlet difabel asal Sumatera Utara, yang berhasil meraih medali emas di ASEAN Paragames 2018 di Jakarta.

Didatangkannya atlet difabel ini diakui 
Timotius Marsono Adi, Kepala Sekolah SD Pangudi Luhur Santo Timotius Surakarta, untuk memotivasi siswa, di mana mereka yang bertubuh lengkap harus mau berolahraga dan membudayakan olahraga sebagai makanan sehari-hari, agar tubuh sehat untuk mencapai masa depan, di samping memotivasi para siswa agar lebih bersyukur. 

Selain menghadirkan atlet difabel berprestasi, peringatan Hari Olahraga Nasional yang dilakukan SD Pangudi Luhur St. Timotius Surakarta ini juga diwarnai dengan senam P5 dan senam Maumere bersama seluruh siswa, guru dan karyawan. 

Semoga tulisan tentang Rayakan Hari Olahraga Nasional dengan cara berbeda, SD Pangudi Luhur St. Timotius kirab gunungan spesial ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut