get app
inews
Aa Read Next : Perempuan Ini Luar Biasa Pisahkan Driver Ojol Baku Hantam dengan Customer yang Tak Mau Bayar

BMKG Bali Himbau Masyarakat Selalu Waspada dan Hati-Hati Terhadap Potensi Bencana Hidrometeorologi

Minggu, 02 Juli 2023 | 19:19 WIB
header img
BMKG Wilayah III Denpasar himbau masyarakat selalu waspada dan hati-hati terhadap potensi bencana hidrometeorologi. Foto : IG @bmkgbali

DENPASAR, iNewsbadung.id - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah III Denpasar himbau masyarakat selalu waspada dan hati-hati terhadap potensi bencana hidrometeorologi yang mungkin dapat terjadi.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah III Denpasar, Cahyo Nugroho juga menghimbau agar masyarakat rajin memperbaharui informasi BMKG, terutama peringatan dini, hal ini dimanfaatkan untuk pengurangan resiko bencana yang mungkin terjadi.

Dalam rilisnya, Cahyo Nugroho menyebutkan bahwa prospek cuaca sepekan ke depan di wilayah Bali adalah secara klimatologis telah memasuki musim kemarau, tetapi yang terjadi beberapa hari adalah hujan dengan intensitas ringan sampai sedang di sebagian besar wilayah Pulau Dewata.

Kejadian hujan ringan sampai sedang di wilayah Bali ini terjadi karena faktor meteorologis, antara lain adanya pola 
pertemuan angin (konfluensi) di Samudera Hindia selatan Bali - NTB, di mana hal ini mendukung pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah Bali.

Faktor meteorologis kedua adalah adanya intrusi udara kering dari BBS yang mengangkat massa udara di depan batas intrusi menjadi lebih hangat, serta lembab termasuk di wilayah Bali. 

Sedangkan faktor meteorologis ketiga yaitu massa udara basah yang  terkonsentrasi dari lapisan permukaan sampai lapisan 700 mb (3.000 m). 

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut