get app
inews
Aa Read Next : Majelis Hakim Vonis Guru PPPK tanpa Empat Bulan Kurungan

Tingkatkan Profesionalisme Guru, Tim Riset Grup UNS Gelar Penelitian Tindakan Kelas

Sabtu, 24 Juni 2023 | 15:33 WIB
header img
Tingkatkan profesionalisme guru, Tim Riset Grup Kreativitas Bahasa dan Sastra Indonesia UNS gelar penelitian tindakan kelas. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SOLO, iNewsbadung.id - Tingkatkan profesionalisme guru, tim riset grup kreativitas bahasa dan sastra Indonesia Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) gelar Penelitian Tindakan Kelas bagi guru-guru di jenjang PAUD, Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Penelitian tindakan kelas ini adalah penelitian wajib bagi guru di jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA untuk mengaplikasikan salah satu dari empat kompetensi guru, yaitu kompetensi profesional, guna meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. 

Dalam rilisnya, Dr. Nugraheni Eko Wardani, M.Hum., Ketua Kegiatan Pengabdian Masyarakat mengatakan, bahwa sebagai seorang guru, juga berposisi sebagai peneliti di mana penelitian dapat dilaksanakan secara kolaborasi dengan rekan guru, sehingga perbaikan mutu pembelajaran di kelas dapat dialami bersama antar guru. 

Melalui kegiatan penelitian tindakan kelas, guru diajak mengasah keterampilan menulis, terutama  menulis proposal penelitian yang baik dan menyusun laporan hasil penelitian secara komprehensif. 

Ditambahkan Nugraheni, penelitian tindakan kelas juga memiliki kontribusi nyata untuk menaikkan jenjang karir dan jabatan seorang guru. 

Ketika guru aktif melakukan penelitian dan perbaikan kualitas pembelajaran di kelas, maka kualitas pembelajaran yang disampaikan kepada peserta didik juga akan semakin baik. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut