get app
inews
Aa Read Next : Meriahkan HUT Dekranas ke-44, Wastra Nusantara Fashion Hadir Perdana di Kota Surakarta

“Topo Ngeli” Strategi Dakwah Sunan Muria yang Unik dan efektif

Rabu, 10 Mei 2023 | 18:44 WIB
header img
Makam Sunan Muria. Foto : kemendikbud.go.id

KUDUS, iNewsbadung.id - Dari berbagai macam versi tidak ada yang meragukan reputasi Sunan Muria dalam melakukan dakwahnya. 

Strategi dakwah Sunan Muria dikenal moderat, mengikuti Sunan Kalijaga, yakni menyusup melalui berbagai tradisi kebudayaan Jawa. 

Strategi dakwah yang menyebabkan Sunan Muria dikenal sebagai Sunan yang suka berdakwah dengan “topo ngeli”.

Dilansir iNewsbadung.id dari buku Jejak Para Wali, Strategi dakwah “topo ngeli atau menghanyutkan diri” yang dijalankan Sunan Muria di sini bukan berarti menghanyutkan diri di kali (sungai) dalam arti sesungguhnya, tetapi artinya adalah  “menghanyutkan diri” di tengah masyarakat. Sasaran dakwah Sunan Muria adalah para nelayan, pedagang, pelaut, dan rakyat jelata lainnya. 

Sunan Muria merupakan satu-satunya wali yang tetap mempertahankan tradisi kebudayaan Jawa, gamelan dan juga wayang sebagai alat dakwah untuk menyampaikan ajaran Islam.

Misalnya saja, adat kenduri yang dilakukan di hari-hari tertentu setelah kematian seseorang, seperti nelung dino hingga nyewu, tidak diharamkannya. 

Hanya, tradisi yang berbau klenik seperti membakar kemenyan atau menyuguhkan sesaji diganti dengan berdoa ataupun shalawat.

Selain itu, Sunan Muria juga berdakwah melalui berbagai macam kesenian Jawa. Misalnya, saja menciptakan tembang macapat, tembang Jawa Sinom dan juga Kinanti yang dipercaya sebagai karya Sunan Muria, yang hingga kini masih lestari. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut