get app
inews
Aa Read Next : Adhiwangsa Jadi Satu-satunya Hotel di Kota Solo yang Siapkan Menu Ikan Segar, Ini Ulasannya

GKI Klaten, Kisah Pertobatan Keluarga Tionghoa menjadi Tonggak Berdirinya Gereja

Jum'at, 07 April 2023 | 21:51 WIB
header img
GKI Klaten atau biasa disebut GKI Jago Klaten, berawal dari perjalanan pertobatan seseorang. Foto : IG @gkijagoklaten

Oei Djie Kong dibantu R.M.E. Mangunsusanto yang waktu itu menjabat sebagai sebagai pengurus sekolah Kristen di Klaten. 

Peran kedua tokoh ini sangat besar bagi GKI Cabang Klaten, hingga Tuhan menggerakkan hati seorang jemaat, Liem Kok Sing, tahun 1961 mempersembahkan rumahnya sebagai Pastori Gereja.

Tahun 1963 Majelis GKI Sangkrah Solo mengutus Pdt. Tan Tjoe Liang (Tjahyaputra) ke Klaten dengan tugas khusus untuk mempersipkan GKI cabang Klaten menjadi Gereja dewasa. 

Banyak kegiatan dilakukan  Pdt. Tan Tjoe Liang selama bertugas di GKI Klaten, yakni s ekolah minggu dan Perhimpunan Pemuda Gereja mengalami pertumbuhan pesat di Klaten, demikian juga dengan Komisi Wanita Gereja.

Selanjutnya bulan April 1966, Tjan Poen Ong, S.Th dan istri terlibat dalam pelayanan di GKI Klaten, hingga  ditetapkan sebagai pengerja GKI Klaten tanggal 1 Mei 1966. 

Dan sebagai puncaknya, 30 Maret 1967, GKI Sangkrah cabang Klaten resmi didewasakan menjadi GKI Klaten. 

Tiga bulan kemudian 30 Juni 1967 Tjan Poen Ong, S.Th ditahbiskan menjadi pendeta GKI Klaten yang pertama, dimana penahbisan dilakukan di gedung GKJ Klaseman Klaten, karena gedung GKI Klaten tidak mampu menampung jemaat dan tamu undangan. 

Hadir dalam upacara penahbisan yakni 24 pendeta, rombongan Paduan Suara dari Magelang, Yogyakarta, Sangkrah Solo, Coyudan Solo, Wonogiri, dan anggota jemaat gereja-gereja di Klaten, serta pejabat pemerintah. ***

Semoga tulisan GKI Klaten, kisah pertobatan keluarga Tionghoa menjadi tonggak berdirinya gereja ini bermanfaat bagi para pembaca. 

Nantikan tulisan ini hanya di iNewsbadung.id, serta silahkan share tulisan ini agar banyak orang mengetahui informasi yang benar. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut