get app
inews
Aa Read Next : Garuda Wisnu Kencana Luncurkan Air Mineral Resmi, Perkuat Brand Awarness dan Citra Wisata Bali

Pura Geger Dalem Pemutih, Jejak Sejarah hingga Beji Tempat Melukat

Senin, 03 April 2023 | 17:08 WIB
header img
Pura Geger Dalem Pemutih di Nusa Dua, Kabupaten Badung ini memiliki jejak sejarah panjang dan beji untuk Melukat. Foto : balitoursclub.net

6. Bagian-bagian Pura 

Pada bagian utama mandala Pura Geger Dalem Pemutih, ada beberapa pelinggih, yakni pelinggih Padmasana, sedangkan sebelah kanan Padmasana berdiri bangunan meru tumpang tiga, yang merupakan stana Ida Batara Dalem Pemutih. 

7. Bagian Lain 

Bagian lain dari pura ini adalah pelinggih gedong Pasadegan, Tugu Penyarikan, bangunan meru tumpang tiga tempat sungsungan warga dari Puri Satria, pelingguh berupa tugu untuk memuja Ida Batara Ratu Gde Panataran dalem Ped Nusa Penida.

8. Piodalan 

Sementara Piodalan atau Pujawali di pura ini dilakukan saat Purnama Keenem Panglong apisan atau sehari sebelum purnama, dimana pura ini diempon dua Banjar Peminge dan Sawangan, serta selalu ada Pemangku, yang memimpin persembahyangan setiap hari. 

9. Beji 

Kurang lebih 100 meter selatan Pura Geger Dalem Pemutih, ada beji yang terletak di pinggir pantai, tersembunyi diantara batu karang, menjadi tanda bahwa dari Pura terlihat dua buah tudung atau payung putih kuning di atas batu karang, dengan pelinggih di patung Ganesha juga Lingga Yoni.

10. Lingga Yoni 

Lingga Yoni adalah simbol purusa pradana, merupakan lambang kesuburan, dimana tempat ini dipercaya untuk memohon anak atau keturunan.

11. Mata Air

Dari pelinggih ada lorong tembus ke pantai, meskipun tidak begitu luas, namun pantai berpasir putih ini memiliki keindahan alam laut yang damai dan tenang, sedangkan lorong itu menuju mata air tawar yang keluar melalui batu-batu karang.

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut