get app
inews
Aa Read Next : Mantap! Program PNM Sukses Berdayakan 381 Ribu Perempuan Garut

Kementerian Agama (Kemenag) Gelar Ujian Seleksi Kompetensi Akademik bagi Guru Madrasah

Sabtu, 25 Maret 2023 | 20:08 WIB
header img
Suasana saat Kemenag gelar Ujian Seleksi Kompetensi Akademik bagi guru madrasah, Sabtu (25/3/2023). Foto : kemenag.go.id

GARUT, iNewsbadung.id - Kementerian Agama (Kemenag) gelar Ujian Seleksi Kompetensi Akademik bagi guru madrasah, Sabtu (25/3/2023) sampai Minggu (26/3/2023).

Ujian Seleksi Kompetensi Akademik (USKA) Pendidikan Profesi Guru (PPG) madrasah tahun 2023 ini diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia menggunakan metode daring berbasis Tempat Uji Kompetensi (TUK).

Terkait Kementerian Agama (Kemenag) gelar Ujian Seleksi Kompetensi Akademik bagi guru madrasah, berikut catatan iNewsbadung dilansir dari laman Kementerian Agama. 

Berdasarkan data Simpatika, sebanyak 194.032 guru madrasah dari berbagai penjuru Indonesia mengikuti USKA PPG 2023, dimana kegiatan ini merupakan pintu masuk, serta syarat mengikuti PPG Dalam Jabatan. 

Pernyataan ini disampaikan Dirjen Pendidikan Islam M. Ali Ramdhani ketika meninjau USKA PPG di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Garut, Sabtu (25/3/2023), dimana madrasah ini tercatat sebagai salah satu TUK pada USKA PPG 2023.

Ditambahkan Kang Dhani, demikian ia biasa dipanggil, jumlah peserta ujian tersebar pada 1.490 TUK di seluruh Indonesia, terdiri atas 67.492 guru Madrasah Ibtidaiyah (MI), 68.173 guru MTs, 38.539 guru Madrasah Aliyah (MA), serta 19.828 guru Raudlatul Athfal (RA).

Sementara berdasarkan distribusi mapel, 105.978 peserta merupakan guru madrasah mapel agama, sedangkan 88.054 peserta adalah guru madrasah mapel umum.

Kang Dhani memberikan apresiasi seluruh madrasah yang menjadi TUK dalam penyelenggara USKA PPG Madrasah 2023, karena madrasah yang menjadi TUK telah berperan penting mensukseskan USKA PPG Madrasah 2023 ini. 

"Tanpa atensi TUK penyelenggara, USKA PPG Madrasah tidak akan berjalan seperti harapan," ujar Djani.

Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati Bandung ini juga menyampaikan  bahwa USKA PPG Tahun 2023 merupakan bentuk ikhtiar untuk  peningkatan kompetensi guru, karena USKA merupakan pintu gerbang guru sebelum mengikuti PPG Dalam Jabatan.

Peningkatan kompetensi merupakan keniscayaan bagi guru madrasah, sehingga tidak tergerus dinamika perubahan zaman. 

Oleh karena itu, Dhani berharap soal-soal pada USKA PPG bisa  memantik, serta memicu guru untuk terus menjadi insan pembelajar yang mampu menghadapi tantangan zaman. 

Secara terpisah, Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain meninjau USKA PPG di Kabupaten Polewali Mandar menyampaikan bahwa hari pertama penyelenggaraan USKA PPG 2023 berjalan lancar tanpa kendala. 

“Dari USKA PPG ini secara nasional kita akan mendapatkan peta ataupun gambaran kompetensi guru, aAlpakah pasca Covid-19 mengalami peningkatan kompetensi atau sebaliknya,” imbuh Zain. 

Terkait USKA, Zain berpesan agar guru dapat menerima, sehingga para guru yang lulus, dapat memanfaatkan kesempatan mengikuti PPG Dalam Jabatan sebaik-baiknya. 

Sedangkan untuk guru yang belum lulus, tidak perlu berkecil hati, karena masih ada waktu terus belajar mempersiapkan ujian pada kesempatan berikut. 

Semoga tulisan Kementerian Agama (Kemenag) gelar Ujian Seleksi Kompetensi Akademik bagi guru madrasah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. 

Nantikan terus tulisan-tulisan lain hanya di iNewsbadung.id dan silahkan share tulisan agar semakin banyak orang mendapatkan informasi yang benar dan baik. ***

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut