get app
inews
Aa Read Next : Deretan Menu Makanan dan Jajanan Pasar di Pengajian Erina Gudono, Sangat Nusantara!

Sejarah Mie Jawa, Makanan Lezat Khas Yogyakarta yang Mendunia 

Rabu, 22 Februari 2023 | 14:20 WIB
header img
Mie goreng salah satu perkembangan sejarah mie Jawa, makanan lezat khas Yogyakarta yang mendunia Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

4. Dimasak Satu Persatu 

Hal unik dari cara memasak mie Jawa adalah memasak satu persatu, meskipun pembeli memesan banyak porsi, namun penjual mie tidak memasak secara bersamaan, untuk menjaga rasa. 

5. Suwiran Daging 

Suwiran daging ayam kampung juga menjadi salah satu ciri khas mie Jawa, disamping pemakaian telur bebek yang membuat rasa berbeda dan khas.

6. Mendunia 

Mie Jawa tidak hanya terkenal di Jawa, tetapi juga daerah lain sudah tersebar banyak pedagang mie ini, bahkan telah mendunia hingga Singapura dan Malaysia, dimana di negara ini, mie Jawa dikenal dengan sebutan mie rebus. 

7. Perubahan Cara Memasak

Mie Jawa yang dimasak menggunakan anglo memang lebih nikmat, namun zaman berkembang sehingga terjadi perubahan cara memasak, dimana beberapa pedagang sudah mengganti anglo dengan kompor gas, meskipun ada juga yang masih mempertahankan penggunaan anglo seperti pedangan mie Jawa di daerah Widuran Solo. 

8. Dijual Dimana-mana 

Tidak sulit menemukan pedagang mie Jawa, karena pedagang makanan ini tersebar dimana-mana dari berkeliling perumahan, dekat alun-alun, dekat perempatan jalan, warung makan, cafe dan resto. 

Nah, sejarah mie Jawa, makanan lezat khas Yogyakarta yang mendunia ini, semoga bermanfaat bagi pembaca, untuk lebih mengenal makanan yang lezat ini. 

Silahkan share artikel ini, dan nantikan tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut