get app
inews
Aa Read Next : Garuda Wisnu Kencana Luncurkan Air Mineral Resmi, Perkuat Brand Awarness dan Citra Wisata Bali

Musrenbang RKPD 2023 Dibuka, Inilah Strategi dan Kebijakan Pemkab Badung

Selasa, 07 Februari 2023 | 16:35 WIB
header img
Sekda Badung menyapa para tamu saat Musrenbang RKPD 2023 dibuka, Senin(6/7/2023) (Foto : Dokumentasi Sekda Pemkab Badung)

BADUNG,iNewsbadung.id - Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2023 dibuka, strategi dan kebijakan pun diambil Pemkab Badung.

Secara resmi Musrenbang yang diadakan untuk penyusunan RKPD ini dibuka Sekda Badung, Wayan Adi Arnawa di Ruang Kertha Gosana Puspem Badung, Senin (6/2/2023). 

Berikut catatan iNewsbadung.id terkait  strategi dan kebijakan Pemkab Badung, dalam Musrenbang RKPD 2023, dikutip dari setda.badungkab.go.id.

1. Sikapi Isu Resesi 

Terkait isu ancaman resesi ekonomi global akibat krisis pangan serta krisis energi, Pemerintah Kabupaten Badung menyikapi dengan strategi dan arah kebijakan melalui upaya percepatan transformasi ekonomi dan investasi daerah untuk mewujudkan peningkatan stabilitas perekonomian juga daya saing daerah. 

2. Titik Berat Percepatan 

Menurut Adi Arnawa, percepatan transformasi ekonomi dilakukan bertahap dan berkelanjutan, menitikberatkan pada pembangunan bidang pertanian dan UMKM, namun tidak meninggalkan pariwisata. 

3. Buka Peluang Investasi

Kabupaten Badung, diakui Adi Arnawa telah membuka seluas-luasnya peluang investasi di bidang pertanian dan UMKM, melalui penyederhanaan, serta pemberian kemudahan perizinan terkait investasi dan peningkatan infrastruktur, sehingga mendukung kelancaran investasi. 

4. Produksi Beras 

Untuk mengantisipasi krisis pangan yang berujung inflasi, Pemkab berkoordinasi dengan Dinas Pertanian mencoba membuat produksi beras sendiri, dengan  gabah dari petani Badung. 

5. Sustainable 

Adi Arnawa juga menegaskan agar tidak menggantungkan kebutuhan perut pada daerah lain, apalagi Badung memiliki  potensi dan lahan memadai, karena kebijakan penguatan ekosistem di bidang pertanian secara holistik dapat menciptakan ekonomi sustainable di Badung, sehingga tidak hanya bergantung pada pariwisata. 

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut