get app
inews
Aa Read Next : Resmi Dibuka, Mangkunegaran Makan Makan Sediakan Puluhan Stand

Mengupas Karakteristik Konsep Smart City Kota Solo dan Perwujudannya

Minggu, 29 Januari 2023 | 22:27 WIB
header img
Mengupas Karakteristik Konsep Smart City Kota Solo dan Perwujudannya (Foto: Ist)

SOLO, iNewsbadung.id - Smart city adalah strategi pengembangan kota dengan mengintegrasikan informatika dan komunikasi melalui pengelolaan system digitalisasi pada seluruh aspek kota dan pemerintah untuk meningkatkan pelayanan publik, kesejahteraan masyarakat, dan meningkatkan efisiensi diseluruh aspek kehidupan.

Konsep smart city adalah membangun ekosistem dan system yang terintegrasi diseluruh aspek kehidupan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara nyata dan berkelanjutan berbasis data yang solid dan falid (anomali) untuk perlindungan data privasi dan mencegah kebocoran data, data yang dibuat dimulai dari membentuk data system data analytic hingga data divren. 

Kunci dari Smart city adalah kolaborasi, dengan komponen dasar manusia, teknologi, dan data yang menggerakan roda ekosistem smart city tersebut, pemerintah, masyarakat dan seluruh perangkat kota serta stakeholder yang berperan didalamnya.

Kota yang cerdas adalah kota yang cepat merespons permasalahan kota dan masyarakat dengan efisiensi, dan tekhnologi sebagai tools atau anabler yang menggerakan dan mengoprasikan melalui system data dan aplikasi yang terintegrasi yang sudah mendapat payung hukum yang relevan. 

Di Kota Solo sedang mengalami satu masalah dilema besar mengenai wacana kemacetan kota akan terus berlanjut dari waktu ke waktu.

Wacana pembangungan jalan tol solo yang masih kisruh dan belum menemui titik terang.

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut