get app
inews
Aa Read Next : Garuda Wisnu Kencana Luncurkan Air Mineral Resmi, Perkuat Brand Awarness dan Citra Wisata Bali

Mengapa Bali Satu-Satunya Daerah di Indonesia banyak Agama Hindu? Begini Sejarahnya

Sabtu, 07 Januari 2023 | 18:39 WIB
header img
Bali satu-satunya daerah di Indonesia mayoritas beragama hindu

BADUNG, iNewsbadung.id - Pulau Bali selama ini dikenal dengan sebutan Pulau Seribu Pura. Karena memang di pulau yang keindahan alamnya ini, sangat kental dengan nuansa Hindu

Ya, hanya Bali satu-satunya daerah Hindu di Indonesia. Tak heran kerap muncul sebuah pertanyaan kenapa hanya Bali yang mayoritas penduduknya beragama Hindu perbedaan dengan daerah lain di Indonesia?

Dikutip iNewsbadung.id dari Wikepedia, Agama Hindu Bali (disebut pula Agama Hindu Dharma atau Agama Tirtha (Agama Air Suci), adalah bentuk agama Hindu yang dipraktikkan oleh mayoritas penduduk Bali.

Hal ini terutama terkait dengan masyarakat Bali yang tinggal di pulau tersebut, dan merupakan bentuk yang berbeda dari pemujaan Hindu yang menggabungkan animisme lokal, pemujaan leluhur atau Pitri Paksha, dan penghormatan untuk orang suci Buddha atau Bodhisatwa.

Populasi pulau-pulau Indonesia sebagian besar Muslim (86%). Pulau Bali adalah pengecualian di mana sekitar 87% penduduknya beragama Hindu (sekitar 1,7% dari total penduduk Indonesia).

Masyarakat Bali mayoritas menganut agama Hindu tak lepas dari sejarah masa lalu, yakni runtuhnya Kerajaan Majapahit pada abad 15.

Dilansir iNewsbadung.id dari iNewsbali.id, setelah Majapahit runtuh, hampir seluruh Nusantara menjadi Islam kecuali beberapa daerah di Indonesia bagian timur yang mayoritas Kristen atau Katolik.

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut