get app
inews
Aa Read Next : Layani Pemudik, UNSA Buka Bengkel Siaga Lebaran

Angkat Budaya Jawa, Tasyakuran Ngunduh Mantu Bupati Karanganyar Gelar Wayangan dan Gejug Lesung

Kamis, 05 Januari 2023 | 10:08 WIB
header img
Putra Bupati Karanganyar Juliyatmono, Ilyas Akbar Almadani beberkan rencana resepsi pernikahannya (Foto: iNewsbadung.iid)

KARANGANYAR, iNewsbadung.id - Salah satu upaya memperkenalkan budaya tradisional Jawa, acara ngunduh mantu putra tunggal bupati Karanganyar Juliyatmono, Ilyas Akbar Almadani yang telah mempersunting gadis asal Jambi Putri Rifqi Marindatama  diramaikan dengan menggelar acara budaya. 

Acara tasyakuran, keluarga orang nomor satu di Karanganyar ini menggelar wayangan dan featival gejug lesung  di Gedung Kebudayaan pada hari Minggu (8/1/2023) malam.  

Untuk pagelaran wayang mengundang dalang Warseno Slank dengan bintang tamu cak yudho dan andik dengan lakon Bathara Wisnu Krama. Sebelum wayangan ada pertunjukan pentas seni Gejug lesung yang dibina oleh mantan bupati Karanganyar Rina Iriani.

Gejog Lesung adalah kesenian musik tradisional Jawa berupa permainan instrumen musik perkusi menggunakan alat penumbuk padi tradisional (lesung dan alu/antan).

"Tasyakuran di hari Minggu ada Wayang dengan dalang Warseno Slank dengan lakon Bathara Wisnu Rabi juga festival gejug lesung yang dibina ibu Rina,"  jelas Ilyas, Rabu (4/1) sore. 

Politisi muda partai Golkar ini sebut pagelaran wayang merupakan tasyakuran untuk acara ngunduh mantu. Dimana akad nikah sudah dilaksanakan di Jambi pada Jumat (26/8/2022) lalu. 

Ilyas yang juga ketua DPD Partai Golkar Karanganyar ini ungkapkan jika pertunjukan wayang gratis ini bisa disaksikan masyarakat Karanganyar. Disediakan juga hidangan kecil dari pelaku UMMK yang jumlahnya sekitar 15 UMKM.  

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut