get app
inews
Aa Read Next : Rektor Universitas Tidar Magelang Dukung Mahasiswa di Kompetisi dan Expo Inovasi Kewirausahaan 2023

Inovasi Bus yang Muncul di Tahun 2022 Canggih Banget, Mulai Kamera CCTV Sampai Toilet BAB

Minggu, 01 Januari 2023 | 23:25 WIB
header img
Sleeper class salah satu inovasi fasilitas ala hotel kabin yang lahir di tahun 2022 (Foto: Instagram/Juragan 99/iNewsbadung.id)

MALANG, iNewsbadung.id - Persaingan PO Bus di Tanah Air semakin ketat. Sederet perusahaan otobus mulai dari Sumatera, Jawa, Bali dan Sulawesi saling bersaing menggaet penumpang melalui peremajaan armada.

Tak hanya peremajaan armada, perusahaan otobus ini pun mulai berlomba melakukan inovasi fasilitas armadanya.

Beragam inovasi yang ditawarkan tersebut sangat diminati oleh penumpang. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut deretan inovasi bus di 2022.

1. Kloset untuk BAB

Jika sebelumnya toilet bus hanya bisa digunakan untuk buang air kecil (BAK), kini muncul inovasi yang memungkinkan untuk buang air besar (BAB). Inovasi ini dihadirkan oleh PO asal Malang, yakni Juragan 99.

Fasilitas toilet untuk BAB bisa dijumpai di armada bus tingkat atau double decker terbaru PO Juragan 99 buatan karoseri Adiputro. Toilet ini dapat digunakan saat mobil melaju atau sedang berhenti.

2. Bagasi multifungsi

Inovasi selanjutnya datang dari karoseri asal Malang, Jawa Timur, Tentrem. Bus mewah Avante H8 Grand Seigneur memiliki desain interior berkelas ala bangsawan karena dilengkapi dengan bagasi multifungsi.

Karoseri tentrem merancang bagasi yang bisa difungsikan sebagai tempat tidur yang super nyaman. Fasilitasnya pun lengkap, mulai dari kasur, AC, lampu baca, hingga sistem hiburan berupa AVOD.

3. Spion CCTV

Inovasi berikutnya adalah spion canggih yang berupa CCTV. Spion ini bisa dijumpai di bus Avante D1 Scania K410iB kepunyaan PO Harapan Jaya. Ini merupakan bus pertama yang menggunakan spion dari CCTV.

Terdapat sepuluh unit CCTV yang tersebar di berbagai sudut bus. Kamera beroperasi secara nonstop saat mobil menyala dan hasil tangkapan kamera ditampilkan secara langsung di dua layar yang ada di kabin pengemudi.

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut