get app
inews
Aa Read Next : Bertemu di Final Piala Dunia 2022, Begini Catatan Sejarah Pertemuan Argentina dan Prancis

Lebih Dekat dengan Maroko, Negeri Matahari Terbenam yang Mampu bkin Kejutan di Piala Dunia 2022

Rabu, 21 Desember 2022 | 09:57 WIB
header img
Maroko negeri terbenamnya matahari yang mampu kejutkan dunia saat Piala Dunia (Foto: Pixebay)

JAKARTA, iNewsbadung.id - Timnas Maroko mampu membuat kejutan saat perhelatan akbar Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Tim dari benua Afrika ini menjadi satu-satunya tim yang mampu melaju hingga partai Semifinal. Sebelum akhirnya langkah Timnas Maroko melaju ke partai Final dihentikan Timnas Prancis.

Keberhasilan tim yang awalnya tak diperhitungkan mampu berbicara hingga partai Semifinal, membuat publik bertanya-tanya tentang negara Maroko. Seperti apa negara Maroko tersebut.

Maroko, negeri yang mendapatkan julukan tempat terbenamnya matahari ini sudah dihuni manusia sejak zaman Neolitikum sekitar 8.000 sebelum Masehi. Kala itu, kawasan Maroko tidak setandus sekarang ini. 

Maroko memilki suku bangas mulai darai Berbers, Arabs, Iberians, Yahudi Sephardic, Phoenicians, dan Afrika Sub-Sahara. Pada abad ke-6 SM, suku bangasa Phoenician mulai membangun pemumkiman di Maroko tepatnya di Magodor, Chellah, dan Lixus. Orang-orang Phoenician ini terlibat aktif dalam perdagangan dengan Kekaisaran Romawi.

Kehancuran Romawi di abad ke-5 Masehi membuat wilayah Maroko atuh ke tangan suku-suku Visigoths, Vandals, dan Yunani-Bizantium. 

Meski jatuh ke tangan suku-suku tersebut, wilayah Maroko bagian pegunungan masih dikuasai suku Berber. Pada abad ke-2 Masehi, Agama Kristen mulai diperkenalkan di Maroko dan menjadi populer di kalangan suku Berber dan kawasan perkotaan.

Memasuki abad ke-7 Masehi, pasukan Umayyah dibawah pimpinan Uqba ibn Nafi berhasil menaklukan kawasan Afrika bagian Utara. Orang-orang Arab yang menaklukan kawasan tersebut membawa budaya, adat, dan agama Islam.  Setelah masuknya Islam di Maroko, beberapa kerajaan Islam berukuran kecil mulai berdiri.

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut