get app
inews
Aa Read Next : Garuda Wisnu Kencana Luncurkan Air Mineral Resmi, Perkuat Brand Awarness dan Citra Wisata Bali

Menguak Sejarah Pulau Bali Jadi Lokasi Wisata Terkenal di Dunia

Jum'at, 16 Desember 2022 | 19:07 WIB
header img
Sejak kapan Bali jadi lokasi wisata favorit Dunia (foto:Wirarentalmobil)

Pada 1930, pemerintah kolonial Belanda mendirikan hotel pertama di Bali di Kota Denpasar. Pada 1935, jalur masuk ke Pulau Bali bukan hanya dari laut, tapi juga melalui udara dengan dibukanya Bandara Udara Tuban pada 1935.

Bandara ini kelak menjadi Bandara Ngurah Rai. Kegiatan pariwisata di Bali sempat terhenti saat Perang Dunia II dan Perang Kemerdekaan Indonesia.  Namun, setelah Indonesia merdeka, pariwisata Bali kembali bergeliat. Bukan hanya wisatawan domestik, tapi juga mancanegara. 

Bahkan, Presiden Soekarno menjadikan Bali sebagai tempat menerima pemimpin negara lain di Istana Tampaksiring. Soekarno pun memprakarsai pembangunan Hotel Bali Beach di Pantai Sanur pada 1963 dan diresmikan pada 1966. 

Jumlah Kunjungan Wisatawan

Data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat wisatawan mancanegara yang datang ke Bali pada 2019 mencapai 6,27 juta per tahun.

Namun, pandemi Covid-19 pada awal 2020 meruntuhkan pariwisata Bali. Kunjungan wisatawan mancanegara anjlok drastis. 

Pelaku pariwisata banyak yang gulung tikar. Laporan Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah wisatawan mancanegara yang datang ke Bali pada Januari hingga Agustus 2022 sebanyak 894.667. Diperkirakan pariwisata Bali baru akan pulih pada 2023. ***

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut