get app
inews
Aa Read Next : Layani Pemudik, UNSA Buka Bengkel Siaga Lebaran

Ada Penampakan Mumi Prasejarah dan Replika Kuburan Batu di Pameran Kampung Purba di Karanganyar

Sabtu, 17 September 2022 | 20:31 WIB
header img
Mumi manusia purba yang masih dalam kondisi utuh namun sudah dalam posisi mengeras seperti batu ikut dipamerkan di Pameran Kampung Purba di De Tjolomadu Karanganyar (Foto: iNewsbadung.id/Burhani)

Raja Prailiu terakhir yang meninggal tahun 2008 kamu Umbu Ndjaka dimakamkan di Batu kubur megalitik yang sangat besar dan unik.  Ketika meninggal yang dimasukkan dalam peti mati batu ini selain jenazah juga korban babi, hewan lain dan 100 lembar kain tenun sumbangan warga. Peti batu ditutup dengan penutup seberat 40 ton.


Replika Raja Prailiu terakhir yang meninggal tahun 2008 kamu Umbu Ndjaka dimakamkan di Batu kubur megalitik yang sangat besar dan unik (Foto: iNewsbadung.id/Burhani)

Makam ini ditopang dengan 6 tiang beton yang tingginya lebih dari 1 meter, bagian atas ditutup dengan penutup yang dihiasi simbol kebangsawanan. Seperti ornamen buaya,penyu, rusa, ayam bebek serta tugu batu berukir dengan patung manusia berkuda di masing-masing ujung atasnya.

Motif buaya kura-kura dan kuda memiliki simbol penting bagi masyarakat Sumba Timur buaya melambangkan ketenangan dan keberanian. 

Kura-kura melambangkan ketenangan, kuda merupakan hewan yang sangat penting bahkan dianggap sebagai belahan jiwa dalam masyarakat Sumba

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut