Logo Network
Network

Ada Penampakan Mumi Prasejarah dan Replika Kuburan Batu di Pameran Kampung Purba di Karanganyar

Burhani
.
Sabtu, 17 September 2022 | 20:31 WIB
Ada Penampakan Mumi Prasejarah dan Replika Kuburan Batu di Pameran Kampung Purba di Karanganyar
Mumi manusia purba yang masih dalam kondisi utuh namun sudah dalam posisi mengeras seperti batu ikut dipamerkan di Pameran Kampung Purba di De Tjolomadu Karanganyar (Foto: iNewsbadung.id/Burhani)

BADUNG, iNews.id -  Jejak peradaban prasejarah di Nusantara bisa diketahui dari pameran “Kampung Purba” Nusantara yang digelar  di gedung De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah mulai tanggal 12-24 September 2022.

Beberapa koleksi yang dapat dinikmati selama pameran yakni Keluarga Manusia Purba, replika hewan jaman purba, hingga berbagai jenis kapak dan aksesoris manusia purba.

Yang unik dalam pameran ini adalah penampakan mumi dari masa prasejarah yang umurnya sudah ribuan tahun yang dibawa langsung dari Mamasa Sulawesi. 

Mummi ini ditemukan di kabupaten Polewali Mamasa (Polmas) ketika terjadi banjir bandang di tahun 1995 agar awet di dalam kotaknya diberikan formaldehida silica gel dan akar wangi untuk mencegah jamur dan bakteri. Kondisi mumi Mamasa ini masih terlihat utuh di sebagian tubuhnya dalam posisi kaki menekuk.


Penampakan Mumi Manusia Purba yang sudah dalam kondisi mengeras di pamerkan dalam pameran Kampung Purba yang digelar di De Tjolomadu Karanganyar (iNewsbadung.id/Burhani)

Kemudian Replika Kuburan Batu Megalithikum, Makam Raja Prailiu, Umbu Ndjaka. Prailiu adalah nama sebuah kampung di Kambera, Kabupaten Waingapu Sumba Timur. Merupakan salah satu kampung adat yang memiliki  pemakaman batu megalitik.

Follow Berita iNews Badung di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini