get app
inews
Aa
Read Next : Ada Penampakan Mumi Prasejarah dan Replika Kuburan Batu di Pameran Kampung Purba di Karanganyar

Jejak Peradaban Prasejarah di Nusantara di Karanganyar dalam Pameran Kampung Purba

Sabtu, 17 September 2022 | 19:45 WIB
header img
Jejak manusia purba di lereng Gunung Lawu (Foto: iNewsbadung.id/Burhani)

BADUNG, iNews.id - Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan bekerjasama dengan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba, Museum Geologi Bandung, Balai Pelestarian Cagar Budaya seluruh Indonesia, Museum Nasional, Balai Pelestarian Nilai Budaya D.I Yogyakarta dan Balai Konservasi Borobudur mengadan Pameran Jejak Peradaban Prasejarah di Nusantara".

Pameran “Kampung Purba Nusantara" ini digelar  di gedung De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah mulai tanggal 12-24 September 2022. Menampilkan kekayaan sejarah manusia purba,  merupakan refleksi rekonstruksi kehidupan masa prasejarah dalam bentuk kampung yang terbagi dalam beberapa klaster. Setiap klaster menyajikan cerita tentang cara hidup dan beradaptasi manusia hingga tercipta sebuah peradaban yang khas dari masa ke masa.  

Staf Ahli Bidang Hubungan Kelembagaan dan Masyarakat, Muhammad Adlin Sila sebut pameran “Kampung Purba” sendiri mengangkat cerita kehidupan manusia purba jutaan tahun yang lalu.

"Ini membuktikan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara dengan situs prasejarah terbanyak di dunia," jelasnya Sabtu (17/9/2022).

Restu Gunawan Direktur Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan menambahkan bahwa Pameran “Kampung Purba” merupakan pameran bersama bertema prasejarah yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbudristek. 

"Berbagai koleksi yang tersedia diharapkan dapat memberikan gambaran kehidupan masa prasejarah mulai dari masa berburu hingga menetap," jelasnya lebih lanjut. 

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut