get app
inews
Aa Read Next : Perayaan Anniversary ke-11 The Stones Hotel, Menggabungkan Seni dan Budaya Bali serta Indonesia

Tak Hanya Natuna, Ini 3 Pulau Terluar Indonesia Jadi Incaran Negara Lain

Kamis, 01 September 2022 | 17:51 WIB
header img
Selain Natuna, Tiga Pulau terluar di Indonesia ini jadi incaran negara lain (Foto: MNC Media)

BADUNG, iNews.id Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan, yang seluruhnya terdiri atas pulau besar dan kecil yang merupakan satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Pulau-pulau tersebut membentang dari Sabang sampai Merauke, dari Pulau Miangas sampai pulau Rote. Sebagian pulau terluar ada yang berbatasan dengan negara lain. 

Sebagai negara kepulauan yang sangat luas, ada beberapa pulau terluar Indonesia yang jadi incaran negara lain. Dengan begitu Pemerintah Indonesia perlu memperkuat pertahanan mereka di jalur laut agar tidak ada pihak-pihak yang berani mengklaim wilayah Indonesia.

Berikut adalah beberapa pulau terluar Indonesia yang rentan jadi incaran negara lain dan patut diwaspadai:

1. Pulau Dana

Pulau pertama yang rentan menjadi incaran negara lain atau pihak-pihak tidak bertanggung jawab adalah Pulau Dana. Pulau ini terletak di sebelah barat daya Pulau Sawu, yang secara administratif merupakan wilayah kecamatan Raijua, Kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Pulau ini rentan diklaim oleh negara asing karena berada di wilayah terluar Indonesia. Pada 2015 silam, tim ekspedisi NKRI 2015 yang berasal dari Tim Pasukan Katak Komando Pasukan Khusus TNI Angkatan Darat Satuan 81 sempat melakukan ekspedisi dan menemukan Pulau Dana serta Pulau Sawu yang memang rawan untuk diklaim negara lain. 

Sehingga dikawasan tersebut dibangun pos penjagaan dan juga mercusuar untuk menjaga pulau tersebut

2. Pulau Sawu

Sama dengan Pulau Dana, Pulau Sawu juga menjadi salah satu pulau terluar Indonesia yang rentan menjadi incaran negara lain. Pulau Sawu masih berada di satu kabupaten yang sama dengan Pulau Dana, yaitu kabupaten Sabu Raijua, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Seperti Pulau Dana, Pulau Sawu juga ditemukan oleh tim ekspedisi NKRI 2015. Diketahui bahwa pulau-pulau yang berada di wilayah NTT tersebut sempat dikuasai oleh orang asing untuk mendirikan beberapa tempat wisata.

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut