get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa KKN 138 UNS Kenalkan JAMBON melalui Corner Jamu

Kisah Gus Dur Saat Jadi Mahasiswa di Mesir, Pingin Kepiting Malah Diberi Tang

Kamis, 01 September 2022 | 11:42 WIB
header img
Kisah Gus Dur saat kuliah di Mesir (Foto: iNews.id)

BADUNG, iNews.id - KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dikenal sebagai sosok yang humoris. Banyak spontan dan lucu terucap dari Gus Dur yang bisa mengundang gelak tawa. 

Ada kisah unik dimana Gus Dur yang saat itu masih kuliah di Mesir. Kala itu Gus Dur asyik bersantap bersama di mess mahasiswa, Gus Dur nyeletuk soal kepiting dan catut. 

“Di sini (Mesir), yang namanya kepiting itu ternyata catut (tang),” ucap Gus Dur seperti dikutip dari buku Presiden Dur Yang Gus Itu, Kamis (1/9/2022).

Saat itu, para mahasiswa asal Indonesia sontak heran mendengar celotehan Gus Dus. Di benak mereka kepiting dan tang dua benda beda.

Kepiting adalah binatang berkaki sepuluh yang hidup di laut, terutama di kawasan pantai, berpunggung keras warna hijau kehitaman, memiliki supit tajam, dan biasa dihidangkan sebagai sea food. Sedangkan catut atau tang merupakan alat penjepit atau pencabut paku yang biasa dipakai para tukang bangunan.

Namun Gus Dur tetap ngotot bahwa kepiting dan catut itu sama.  Gus Dur pun membeberkan asal-usulnya. Dia bercerita, awal berada di Mesir iseng pergi ke pasar untuk mencari kepiting.

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut