get app
inews
Aa Read Next : Rekomendasi 4 Warung Ayam Geprek di Karanganyar Ini, Cocok untuk Penggemar Kuliner 

Sukses Resto Cepat Saji Hokben di Indonesia Berawal Dari Bekal ke Kantor

Kamis, 25 Agustus 2022 | 13:55 WIB
header img
Awal mula berdirinya restoran Hokben berawal dari makanan cepat saji (Foto: iNews.id)

BADUNG, iNews.id - Siapa tak krnal dengan restoran cepat saji Hoka Hoka Bento atau yang kini dikenal dengan nama HokBenKuliner khas Jepang yang diterima lidah lokal.

Ditangan Hendra Arifin, kuliner ini melesat merajai pasar kuliner khas Jepang di tanah air.  Awalnya Hendra terinspirasi dari kebiasaan orang kantoran di Jepang yang lebih memilih untuk membawa bekal dari rumah. 

Bekal berbentuk nasi kotak yang disebut bento tersebut disantap ketika istirahat makan siang. Dari situlah berawal dari uji coba, Hendra yang awalnya seorang karyawan di sebuah perusahaan,namun memutuskan berhenti kerja karena bertekad mendirikan perusahaan sendiri.

Tak tanggung-tanggung, Hendra terbang ke Jepang untuk mempelajari seluk-beluk makanan asli negeri Matahari Terbit. Pada akhirnya, dia juga membeli sistem dan izin penggunaan merek Hoka Hoka Bento di Jepang, meski restoran tersebut kini tak lagi ada di negeri sakura itu. 

Ini menjadi langkah awal dia mendirikan perusahaan. Hendra secara resmi mendirikan Hoka Hoka Bento di Jakarta pada 18 April 1985 di bawah lisensi PT Eka Bogainti. Restoran pertama hadir di Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Dia tertarik mengembangkan restoran cepat saji ala Jepang karena saat itu belum ada konsep tersebut di Indonesia. Konsep awal dari restoran Hoka Hoka Bento adalah take away tanpa layanan makan di tempat. 

Namun seiring berjalannya waktu, konsep awal ini diganti dengan menyediakan kursi dan meja, sehingga pelanggan bisa makan di tempat. Hoka Hoka Bento membuka cabang pertama di Bandung pada 1990, yang kemudian ekspansi ke Surabaya, Sidoarjo, dan Malang. Hendra memutuskan untuk tidak membuka waralaba atau franchise, sehingga seluruh gerai merupakan cabang asli dari Hoka Hoka Bento. 

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut