get app
inews
Aa Read Next : Garuda Wisnu Kencana Luncurkan Air Mineral Resmi, Perkuat Brand Awarness dan Citra Wisata Bali

Inilah Beberapa Upacara Adat di Bali, Yang Jadi Daya Tarik Wisata Budaya

Jum'at, 19 Agustus 2022 | 18:04 WIB
header img
Upacara Ngaben termasuk salah satu tradisi budaya masyarakat Bali yang hingga kini masih terus dipertahankan ke lestariannya (Foto: iNews.id)

BADUNG, iNews.id - Dikenal kental dengan tradisi dan budaya, Bali memiliki banyak upacara adat. Tradisi itu terus dilaksanakan secara turun temurun dan menjadi wisata budaya.

Jika sedang berkunjung ke Bali, jangan lewatkan untuk menyaksikan upacara adat yang mungkin saja sedang berlangsung. Inilah beberapa upacara adat di Bali yang perlu diketahui :

1. Ngaben

Banyak orang yang sudah mengetahui upacara Ngaben, namun tidak banyak yang bisa menyaksikannya secara langsung. 
Karena upacara Ngaben memang tidak dan tidak dapat diprediksi.

Upacara Ngaben merupakan upacara pembakaran jenazah di Bali yang dipercaya oleh masyarakat Hindu Bali sebagai ritual untuk menyempurnakan jenazah supaya dapat kembali ke sang pencipta. 

Ada beberapa jenis ngaben yakni  Ngaben sawa Wedana, Ngaben Asti Wedana, Swasta, Ngelungah, dan Warak Kruron. 

Upacara Ngaben Sawa Wedana dilakukan setelah jenazah diawetkan sebelum waktu ritual pembakaran berlangsung. Ngaben Asti Wedana dilakukan setelah jenazah dikubur terlebih dahulu. 

Upacara Swasta dilakukan bagi penduduk Bali yang meninggal di luar daerah atau yang jasadnya tidak ditemukan.

Upacara Ngelungah dilakukan penduduk Bali untuk anak yang belum tanggal gigi, dan Warak Kruron dilakukan oleh penduduk Bali yang masih bayi.

Mengingat banyaknya biaya yang akan dikeluarkan untuk upacara Ngaben, tidak semua penduduk Bali dapat melaksanakan upacara ini untuk keluarga yang meninggal dunia.

Pemerintah baik desa adat maupun provinsi biasanya mengadakan upacara ngaben massal yang diperuntukkan bagi keluarga yang kurang mampu, agar jasad para leluhurnya dapat disucikan atau dibersihkan sesuai dengan ajaran agama Hindu. Jadi, upacara Ngaben memang tidak akan selalu dilaksanakan dan tidak dapat diprediksi.

2. Upacara Melasti

Upacara Melasti merupakan upacara pensucian baik untuk diri serta benda sakral milik Pura. Dalam kepercayaan agama Hindu, sumber air seperti danau, laut atau mata air merupakan sumber kehidupan atau yang disebut tirta amerta. 

Saat upacara Melasti, masyarakat setempat akan berbondong-bondong menuju laut atau sumber air dengan berpakaian putih serta membawa perlengkapan persembahyangan dan biasanya mengusung pratima, benda atau patung yang disakralkan untuk dibersihkan secara sekala dan niskala.

Tujuan dari upacara ini adalah meningkatkan bhakti pada para dewa dan manifestasi Tuhan serta meningkatkan kesadaran umat Hindu agar mengembalikan kelestarian lingkungan. 

Jika ingin menyaksikan upacara adat ini bisa datang sekitar 3 atau 4 hari sebelum perayaan Nyepi. Atau menginap di hotel-hotel yang berdekatan dengan kuil Hindu yang cukup besar seperti di Kuta atau Uluwatu.

3. Hari Raya Saraswati

Hari Raya Saraswati merupakan hari raya untuk merayakan ilmu pengetahuan. Pada hari raya ini, umat Hindu Bali biasanya melakukan upacara khusus untuk memuja atau mengagungkan Dewi Saraswati yang dipercaya membawa ilmu pengetahuan di bumi hingga membuat semua orang di dunia menjadi pintar dan terpelajar. Semua yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan seperti buku dan kitab didoakan dalam upacara Saraswati. Tak hanya itu, biasanya ditampilkan juga pentas tari dan pembacaan cerita hingga semalam suntuk.

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut