get app
inews
Aa Read Next : The Stones Hotel Anniversary ke-11, Atmosfir Sejarah yang Menarik dan Pencapaian Selama 11 Tahun

Industri Budayanya Berkembang Pesat, Ternyata Ini yang Dilakukan Pemerintah Tibet

Senin, 10 Oktober 2022 | 20:05 WIB
header img
Salah satu seni tradisional khas Tibet (Foto: Xinhua)

iNewsBadung.id - Dalam 10 tahun terakhir, industri budaya di Daerah Otonom Tibet, China barat daya, tumbuh lebih dari empat kali lipat menjadi 6,9 miliar yuan (1 yuan = Rp2.144).

Hal ini disampaikan oleh Gan Liquan wakil direktur departemen kebudayaan daerah dalam konferensi pers yang digelar pada Minggu 9 Oktober 2022.

"Output itu mencatatkan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata lebih dari 15 persen," sebut Gan.

"Selama 10 tahun terakhir, lebih dari 400 juta yuan, yang dialokasikan oleh pemerintah pusat dan daerah, dihabiskan untuk perlindungan warisan budaya takbenda," imbuh Gan.

Tibet sekarang memiliki tiga warisan takbenda (Gesar, opera Tibet, dan mandi pengobatan Lum Sowa Rigpa) yang termasuk dalam Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO.

Terdapat 106 item dalam daftar warisan budaya takbenda nasional dengan 96 perwakilan tingkat negara dan 460 item dalam daftar daerah dengan 522 perwakilan tingkat daerah.

Daerah tersebut menetapkan delapan wilayah, kota, dan desa dengan karakteristik warisan budaya takbenda, serta 19 objek wisata warisan budaya takbenda.

"Sebanyak 121 lokakarya warisan budaya takbenda telah didirikan di daerah tersebut, menciptakan lapangan kerja bagi 3.053 orang dari 2.271 rumah tangga dan meningkatkan pendapatan bulanan rata-rata lebih dari 3.200 yuan," kata Gan seperti dikutip dari Xinhua. ***

Editor : Klasik Herlambang

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut