Temu Investor dan Malam Apresiasi Hetero for Startup, Peserta Terbaik Bertemu Gubernur Ganjar

Asarela Astrid
Temu investor dan malam apresiasi Hetero for Startup Season 3, 35 peserta terbaik dipertemukan dengan Gubernur Ganjar Pranowo. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SEMARANG, iNewsbadung.id - Temu investor dan malam apresiasi Hetero for Startup Season 3 diikuti 35 peserta terbaik, yang berhasil menyisihkan 700 peserta dalam pembelajaran di Learning Management System (LMS). 

35 peserta ini dipilih berdasarkan performa tugas terbaik, serta  rekomendasi dari mitra lokal untuk menjadi local heroes di wilayah masing-masing.

35 peserta terbaik ini pun ikut 
berpartisipasi dalam semua kegiatan pembimbingan, didampingi mentor di mana dalam Hetero for Startup Season 3 ini dipilih dalam empat kelompok sektor yakni Technology and Renewable Energy (Teknologi & Energi Terbarukan), Agriculture and Wellness (Pertanian & Kesejahteraan), Food & Beverage (Makanan dan Minuman), dan Fashion (fesyen), Craft (Kerajinan), dan Creative (Kreatif). 

Para startup atau 35 peserta juga mendapatkan kesempatan berkomunikasi langsung dan bertatap muka dengan para investor untuk memperkenalkan bisnis. 

Pada Investor Meet yang dilakukan di 
Hetero Space Semarang, Rabu (16/08/2023), startup bertemu dengan Cakra Ventures dan Eempat Kapital. 

Selanjutnya, peserta mengikuti  Awarding Night yang merupakan puncak acara malam apresiasi program "Hetero for Startup" yang dirancang untuk memberikan penghargaan bagi startup yang sudah  berhasil menunjukkan prestasi, serta inovasi luar biasa. 

Di malam apresiasi ini, 35 peserta startup dipertemukan dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku inisiator Program Hetero for Startup. 

Dalam pertemuan ini para peserta menyampaikan bisnis, dampak di daerah masing-masing dan melakukan diskusi dengan Gubernur Jawa Tengah, terkait isu perkembangan sektoral di Jawa Tengah dan Nasional, sesuai daerah asal. 

Ganjar Pranowo mengatakan perlu adanya lebih banyak creative hub, karena creative hub di ujung-ujung depan sehingga anak-anak muda dapat berkreasi, menjadi entrepreneur, dan sosiopreneur. 

"Dan buktinya sudah ada, mereka bertumbuh, mereka berkembang,” ujar  Gubernur Ganjar Pranowo.

Agung Pambudi, Project Leader Hetero for Startup Season 3 menyebutkan bahwa pertemuan bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo ini diharapkan akan ada matchmaking antara pemerintah dengan para peserta, di mana dapat membantu menyelesaikan permasalahan di pemerintahan dengan inovasi teknologi para peserta. 

Pertemuan ini juga diharapkan 
Agung Pambudi dapat terjalin kolaborasi dan investasi antara peserta 
Hetero for Startup Season 3 dengan investor. 

Terkait program Hetero for Startup Season 3, Agung Pambudi menyebutkan adanya tujuan mulia, yakni pengembangan bisnis? mendukung inovasi dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. 

"Harapannya program ini tidak hanya akan memberikan hasil positif bagi peserta, tetapi juga komunitas dan ekosistem bisnis secara keseluruhan,” jelas Agung Pambudi.

Tahun ini, Hetero for Startup season 3 berkomitmen memperluas jangkauan untuk membuka potensi bisnis di daerah-daerah di Indonesia, di mana program ini sudah bertransformasi dari format kompetisi menjadi Gerakan Pemberdayaan Kewirausahaan.

Program ini juga diharapkan menjadi platform bagi para pemilik bisnis untuk mendalami berbagai aspek bisnis, mendorong pertumbuhan, serta memberikan dampak positif di wilayah masing-masing.

Perbedaan Hetero for Startup season 3 dengan season sebelum

Ada perbedaan antara Hetero for Startup season 3 dengan season sebelumnya, di mana dalam mengadopsi gerakan, season 3 menjauh dari format kompetisi bisnis.

Dilihat dari fokus, program ini berkomitmen pada nilai inti sebagai "Pemberi Solusi," menekankan dampak yang diciptakan dalam komunitas sekitar, di mana hal ini sejalan dengan  tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs). 

Dalam peningkatan kolaborasi, kolaborator berperan penting dalam Hetero for Startup untuk memperkaya konten, serta manfaat program.

Kemitraan lokal memiliki keterlibatan lebih dalam, membimbing, serta  memberikan peluang bagi bisnis lokal menjadi "local heroes" di wilayah masing-masing dengan menerima panduan dari mentor lokal.

Diikuti Ribuan Pebisnis

Ada 2.087 pemilik bisnis mendaftar
di Hetero for Startup Season 3, di mana dari jumlah ini, 700 bisnis dipilih ikut berpartisipasi pada sesi pelatihan bisnis secara mendalam. 

Sesi pertama dilakukan melalui metode pembelajaran mandiri menggunakan Learning Management System (LMS) atau Sistem Manajemen Pembelajaran Hetero Space, berisi tentang modul praktis, tugas yang relevan mencakup area kunci yakni keuangan, pengembangan bisnis, pemasaran, dan manajemen tim.

Para peserta yang terpilih mewakili beberapa sektor pertanian meliputi Tarunira, Oke Garden, Teman Pasar, Nom Nom Herbs and Spices, AKOR, Today Tech, dan Minaverse.

Sektor kesejahteraan diikuti Fisiohome dan Okami, sektor kreatif adalah IOTA Kreatif Media / IOTA Kids, Jeggboy & girl, Nyalanesia, Arsibro, Omahcetak Indonesia. 

Sektor fashion, kerajinan yakni Ms Artsy, Ungatawwa Handmade, KawaMala, Hamka Indonesia, Ecoplast ID, dan Kasihinbaju.id. 

Sektor makanan dan minuman yaitu Sanfood Brilian, Moringa Good, Jiwanta, Bina Rasa Bakery, Dapur cimorama, Lombok Kuning Simpati, dan lapak Cindo. Energi Terbarukan: Gelatah. 

Dan sektor teknologi adalah Link Productive, UMEDS, betukang.id, Inorder, BidFish.id, dan Nikahyuk.

Investor Meet dan Awarding Night Hetero for Startup Season 3 ini terselenggara atas kerjasama Impala Network, Hetero for Startup dan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) melalui Payung Program Keberlanjutan “Sampoerna Untuk Indonesia” (SUI). 

Semoga tulisan tentang temu investor dan malam apresiasi Hetero for Startup Season 3, 35 peserta terbaik dipertemukan dengan Gubernur Ganjar Pranowo ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, dan jangan lupa share serta nantikan tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network