get app
inews
Aa Read Next : UNISRI Surakarta Gelar ICTESS ke-6, Ini Harapannya

UNISRI Angkat Wayang jadi Media Pembelajaran Pendidikan Karakter di Surakarta

Jum'at, 04 Oktober 2024 | 06:45 WIB
header img
Salah satu narasumber FGD Implementasi Project Base Learning (PjBL) berbasis wayang sebagai media pembelajaran pendidikan karakter pada guru SD yang digelar UNISRI. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SOLO, iNewsbadung.id - Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta angkat wayang jadi media pembelajaran pendidikan karakter bagi guru-guru sekolah dasar (SD) di Kota  Surakarta.

Prof. Dr. Siti Supeni, Ketua Panitia 
Focus Group Discussion (FGD) tentang Implementasi Project Base Learning (PjBL) berbasis wayang sebagai media pembelajaran pendidikan karakter pada guru sekolah dasar (SD), menyebut pentingnya pendidikan karakter. 

"Pendidikan karakter sangat penting dalam membentuk identitas diri positif, upaya preventif terhadap berbagai perilaku negatif, mengembangkan keterampilan sosial, membentuk moral dan etika, sehingga peserta didik siap menghadapi perubahan-perubahan," terang Siti Supeni. 

Siti Supeni menambahkan, luaran kegiatan yang dilakukan bersama 25 guru SD di Surakarta ini adalah meningkatnya kompetensi guru dalam merancang perangkat pembelajaran berbasis proyek, dengan memanfaatkan wayang sebagai media penokohan karakter. 

Di hadapan para peserta FGD, Wahyono, M.Pd., Ketua PGRI Kota Surakarta menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada UNISRI dalam hal ini sebagai mitra kegiatan FGD, serta berharap dapat bekerjasama terus dalam mengembangkan empat kompetensi guru, terutama kompetensi profesi guru.

Wahyono berpesan agar para guru SD selalu menerapkan PjBL dalam proses pendidikan karakter di sekolah dengan penokohan wayang.

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut