get app
inews
Aa Read Next : UNISRI Surakarta Gelar Sosialisasi Kebijakan dan Pedoman Operasional Baku Mata Kuliah Wajib

PPKN UNISRI Ajak Mahasiswa Sadar Politik

Senin, 24 Juni 2024 | 15:51 WIB
header img
Rektor UNISRI saat memberikan pemaparan kesadaran politik di dalam Seminar Nasional "Peran Pemuda dalam Dinamika Pendidikan Politik di era Digitalisasi". Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

SOLO, iNewsbadung.id - Program studi (Prodi) Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) ajak mahasiswa sadar politik. 

Ajakan sadar politik ini disampaikan Prof. Dr. Drs.Sutoyo, M.Pd., Rektor UNISRI karena pendidikan politik merupakan usaha sadar dalam memberikan pemahaman masyarakat, terutama menyangkut kebijakan, hak dan kewajiban sebagai warga negara. 

Menurut Sutoyo, politik adalah seni mensejahterakan rakyat, sehingga perlu strategi dan kecerdasan agar dapat menjawab persoalan mendasar yang muncul terkait politik di Indonesia yakni belum berhasilnya pendidikan politik.

Rektor Sutoyo menambahkan pentingnya pendidikan politik dapat mewujudkan sikap saling menghormati dan menghargai, sehingga dapat menjaga persatuan dan kesatuan. 

Tidak hanya itu, kesadaran politik juga dapat menghindarkan dari konflik  vertikal dan horizontal yang berdampak pada perpecahan kelompok atau bangsa, serta menjaga stabilitas politik yang dapat mempercepat dalam mewujudkan tujuan pembangunan.

Beberapa jalur pendidikan politik bisa dilewati para mahasiswa, antara lain melalui jalur media, jalur pendidikan dan jalur birokrasi. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut