get app
inews
Aa Read Next : Solia Hotels Tanda Tangani MoU dengan Sekolah Perhotelan se-Solo Raya

Solia Yosodipuro Hadirkan Menu Nusantara, dari Garang Asem sampai Nasi Goreng Sultan yang Beda

Jum'at, 12 Januari 2024 | 18:03 WIB
header img
Solia Yosodipuro hadirkan menu nusantara, dari garang asem sampai nasi goreng sultan yang beda. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

SOLO, iNewsbadung.id - Hadirkan menu nusantara seperti garang asem, itiak lado mudo, sampai nasi goreng sultan yang beda dari lainnya, Solia Yosodipuro memberikan sajian khusus di Bulan Januari untuk para tamu dan pengunjung. 

Selama Bulan Januari yang sarat musim penghujan, Solia Yosodipuro menawarkan beberapa menu nusantara bercita rasa hangat dan sedikit pedas. 

Menu nusantara pertama adalah  garang asem iga sapi, di mana menu ini mudah ditemui di beberapa daerah, dengan ciri khas berbeda. 

Sebut saja garang asem di daerah Pekalongan yang dimasak menggunakan bumbu kluwek, sehingga warnanya menjadi hitam seperti rawon. 

Chef Tito Suwanto, Sous Chef Solia Yosodipuro menyebutkan, di daerah Sunda ada garang asem berwarna kuning, sedangkan di daerah Blora dan Pati kuah Garang Asem bening. 

Dari beragam pilihan garang asem, Solia Yosodipuro memilih garang asem menggunakan santan, yang merupakan khas Kota Semarang. 

“Kalau di Kota Solo, seringnya makan garang asem ayam, namun Solia Yosodipuro memilih garang asem berbahan dasar iga sapi,” ujar Chef Tito Suwanto, Kamis (11/1/2023). 

Menu garang asem iga sapi ini disajikan dengan nasi putih hangat, di mana sangat cocok dimakan saat  hujan, hangat dan pedas, sehingga membuat selera makan bertambah. 

Menu nusantara kedua adalah itiak lado mudo, sebuah menu khas dari daerah Minang Bukit Tinggi Sumatra Barat, berbahan dasar bebek. 

Bebek dimasak menggunakan bumbu bawang merah, bawah putih, kemiri dan cabe hijau, dengan tampilan akhir seperti masakan rendang. 

Menu yang disajikan dengan nasi putih hangat ini sangat menggugah selera dan sangat cocok disantap di musim dingin. 

Menurut Lisa Halim, Executive Assistant Manager Solia Yosodipuro, menu itiak lado mudo dan garang asem iga sapi adalah menu promo di Bulan Januari dan Februari. 

Selain menu promo, Solia Yosodipuro juga meluncurkan menu “Chef Recommended” di Bulan Januari, yakni nasi goreng sultan. 

Namanya juga sultan, penyajian dan presentasi menu ini memang beda dari lainnya, di mana nasi goreng Jawa ini dilengkapi potongan ayam ditusuk dengan keris. 

Dalam penyajiannya, ayam yang ditusuk keris akan dilepaskan waitres,  kemudian baru diberikan saus atau  bumbu sate di hadapan tamu.

Tidak hanya makanan yang disajikan dalam beragam promo, minuman atau beverage pun juga memiliki beberapa menu promo, seperti par tea collection,  berbahan dasar tea, yang dipadukan dengan beberapa rasa. 

Ada herb of tea, yakni teh rasa rempah, perpaduan cengkeh dan kayu manis, yang sangat enak disajikan dalam kondisi panas. 

Sedangkan menu beverage kedua adalah tu tea frutie, yakni teh dengan rasa buah yaitu strawberi dan vanila, yang lebih nikmat disajikan dingin atau menggunakan es.  

Ditambahkan Lisa, seluruh menu yang ditawarkan ini dapat di nikmati di semua outlet Solia Yosodipuro, baik di
Pendopo Yoso ataupun Kunir Madu Resto, mulai pukul 10.00 - 22.00 WIB dengan harga terjangkau. 

Semoga tulisan tentang Solia Yosodipuro hadirkan menu nusantara, dari garang asem sampai nasi goreng sultan yang beda ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut