get app
inews
Aa Read Next : Bupati Badung Serahkan LKPD Unaudited 2023

Bupati Badung Giri Prasta Hadiri Rapat Penajaman Pembangunan MRT / LRT

Minggu, 17 Desember 2023 | 22:08 WIB
header img
Bupati Badung Giri Prasta hadiri rapat penajaman pembangunan MRT / LRT. Foto : iNewsbadung.id / Setda Badung Kab

BADUNG, iNewsbadung.id - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta hadiri rapat penajaman rencana pembangunan Moda Transportasi Perkeretaapian MRT/LRT bawah tanah dipimpin Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, di ruang pertemuan Kantor Otoritas Bandara Ngurah Rai, Minggu (17/12/2023).

Moda Transportasi Perkeretaapian MRT/LRT bawah tanah ini akan terbentang dari Kawasan Bandara Ngurah Rai menuju Kuta, Seminyak sampai Canggu, sehingga mampu mempersingkat waktu tempuh dari atauupun ke Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Kehadiran Menteri Budi Karya Sumadi ini ditugaskan Presiden untuk menindaklanjuti rencana pembangunan MRT/LRT di Bali, karena ada dua hal yang melatarbelakangi rencana pembangunan moda transportasi terintegrasi di wilayah Kabupaten Badung, Bali, yakni pertama Bali merupakan showcase dari pariwisata internasional, serta kedua, karena terjadinya kemacetan kronis yang dapat menjadi bumerang tidak ditangani.

Menurut Menteri Budi Karya Sumadi, sama dengan Jakarta, pihaknya akan membuat format bahwa PJPK nya adalah pemda dan pemerintah pusat akan mendukung dari segi teknis.

Sedangkan sebagai minoritas, disebutkan Budi Karya Sumadi, bahwa 51 persen pemda dan 49 persen pemerintah pusat, jadi baik capex maupun opex Pj Gubernur dan Bupati sudah bersedia menjadi penyanggah mendanai capex dan opex.

Menteri Budi Karya Sumadi menambahkan, rencana pembiayaan pembangunan MRT/LRT tidak hanya dengan satu konsep, tetapi juga dapat menggunakan skema loan, di mana ada satu negara sudah menyetujui loan untuk tahap pertama, namun akan dikombinasikan dengan pihak swasta yang sudah bersedia turut andil.

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut