get app
inews
Aa Read Next : Bupati Badung Serahkan LKPD Unaudited 2023

Bupati Badung Sebut Pemulihan Perekonomian di Bali Berdampak pada Peningkatan PAD      

Kamis, 16 November 2023 | 22:49 WIB
header img
Bupati Badung tegaskan pemulihan perekonomian di Bali berdampak pada peningkatan PAD. Foto : iNewsbadung.id / Setda Badung Kab

BADUNG, iNewsbadung.id - Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta tegaskan pemulihan perekonomian di Bali berdampak pada peningkatan penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD), terutama dari sektor Pajak Hotel Restoran (PHR), di mana sesuai perubahan APBD Tahun Anggaran 2023, ditargetkan meningkat tajam dibandingkan target APBD induk 2023.

Peningkatan PAD ini dipastikan Giri Prasta bisa meningkatkan kinerja pembangunan Kabupaten Badung terkait akselerasi capaian target-target pembangunan daerah yang sudah dirancang dalam RPJMD semesta berencana Kabupaten Badung tahun 2021-2026, yang disampaikan setiap tahun dalam RKPD, KUA PPAS dan APBD Kabupaten Badung.

Capaian kinerja pembangunan daerah yang diukur berdasarkan indikator ekonomi makro ini sudah menunjukkan tren positif, seperti pertumbuhan ekonomi, serta penurunan angka kemiskinan, di mana sampai Triwulan Ketiga tahun 2023, angka pertumbuhan ekonomi Badung menunjukkan tren pertumbuhan positif.

Menurut Giri Prasta, angka pengangguran terbuka dan angka kemiskinan ekstrim mengalami penurunan dari sebelumnya 0,5 persen pada awal tahun 2022, setelah dilakukan verifikasi dan validasi data menjadi 0,02 persen di akhir tahun 2022, yang ditargetkan nol persen pada tahun 2023, yang berarti lebih awal dari target provinsi dan nasional.

Capaian IPM Badung diakui Bupati Giri Prasta, mengalami peningkatan, di mana masuk kategori sangat tinggi, tercatat percepatan penurunan stunting melalui Garbasari dapat menurunkan angka prevalensi di tahun 2021, dari 8,7 persen menjadi 6,6 persen di tahun 2022. Bahkan sesuai survei Kementerian Kesehatan tahun 2023, angka prevalensi Kabupaten Badung sebesar 3,2 persen, di mana capaian ini jauh melampaui target Provinsi Bali dan nasional yang menetapkan angka prevalensi senilai 14 persen di tahun 2024.

Mulai tahun 2023, Kabupaten Badung melanjutkan pemberian bantuan iuran JKN, melanjutkan program asuransi kesehatan masyarakat dengan Gerakan Badung Sehat (GBS) yang memberikan premi asuransi di luar tanggungan BPJS. Hal ini disebutkan Giri Prasta untuk meningkatkan cakupan pelayanan kesehatan di tahun 2023, di mana Badung mengalokasikan pembangunan dua buah rumah sakit, yakni Rumah Sakit Daerah Abiansemal dan Rumah Sakit Daerah Petang yang diharapkan bisa beroperasi akhir tahun 2023.

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut