get app
inews
Aa Read Next : FISIP UNISRI Gelar Pelatihan Diskusi Ilmiah, Ini Manfaatnya

Tim PMM UNISRI Serahkan Traktor untuk Desa Wonoharjo Boyolali, serta Gelar Pelatihan Cegah Stunting

Minggu, 05 November 2023 | 21:45 WIB
header img
Tim PMM UNISRI serahkan traktor untuk Desa Wonoharjo Boyolali, serta gelar berbagai pelatihan untuk cegah stunting. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

Terkait anak-anak yang terindikasi stunting di empat dusun Desa Wonoharjo, disebabkan karena kekurangan protein hewani, bahkan anak-anak yang terindikasi stunting bukan saja memerlukan  banyak makanan padat gizi, namun juga mengalami sakit gigi, sehingga saat mengunyah merasa tidak nyaman.

“Untuk itu, anak-anak dihimbau agar selalu membiasakan menggosok gigi, terutama sebelum tidur,” jelas Sumarmi.

Ajakan untuk membiasakan menggosok gigi ini, tim PMM UNISRI membagikan 30 pasta gigi dan 30 sikat gigi khusus untuk anak-anak, yang diberikan untuk anak-anak Desa Wonoharjo, sehingga terbebas dari stunting, tumbuh menjadi anak sehat, yang diharapkan dapat menjadi insan pembangun desa.

Untuk pemenuhan gizi, UNISRI juga pernah melakukan pelatihan mengolah ikan nila menjadi berbagai macam masakan, antara lain sosis ikan, nugget dan bakso, di mana ikan adalah sumber protein hewani yang baik, yang mudah diperoleh, salah satunya dapat di beli dari Waduk Kedung Ombo.

Pendampingan dan Pelatihan

Tidak hanya menyerahkan bantuan traktor dan chooper, tim PMM juga melakukan pendampingan dan pelatihan tentang pembuatan pupuk organik padat, POC dan ZPT organic, yang disebutkan Sumarmi, telah diberikan Avissema Sigid, S.P., M.P., dosen Fakultas Pertanian (FP) UNISRI.

Selain itu, untuk meningkatkan penjualan pertanian, tim PMM juga menggandeng Titah Septi, S.P., M.M., praktisi pemasaran, memberikan pelatihan pemasaran hasil pertanian organik, yang diharapkan mampu menjalin relasi antara pengusaha pemasaran hasil pertanian dengan petani.

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut