get app
inews
Aa Read Next : Garuda Wisnu Kencana Luncurkan GWK Menabuh, Dukung Literasi Budaya Kesenian Tradisional

Rayakan Panca Warsa, Garuda Wisnu Kencana (GWK) Gelar Upacara Pacaruan Rupa

Senin, 02 Oktober 2023 | 21:10 WIB
header img
Rayakan panca warsa, Garuda Wisnu Kencana (GWK) gelar Upacara Pacaruan Rupa. Foto : iNewsbadung.id / Istimewa

BADUNG, iNewsbadung.id - Rayakan panca warsa, atau lima tahun, Garuda Wisnu Kencana (GWK) gelar Upacara Pacaruan Rupa, sebagai wujud syukur terhadap Tuhan, sehingga bisa selalu memberikan warna dalam perjalanan wisata dan edukasi bagi wisatawan, domestik ataupun mancanegara.   

Upacara Pacaruan Rupa yang dilangsungkan akhir September ini berjalan khitmad, menghadirkan lima hewan kurban yakni angsa, bebek blangkalung, bebek bulu sikep, kambing dan asu (anjing) bang bungkem.

Rangkaian panca warsa ini diawali dengan Upacara Piodalan di Parahyangan Somaka Giri, yang berada di Plaza Wisnu, di mana berdekatan dengan sumber mata air yang memiliki ketinggian lebih dari 200 meter dari permukaan laut, yang dinamakan Somaka Giri.

Di area ini, pengunjung juga dapat memperoleh story telling, serta bersembahyang sesuai keyakinan masing-masing, mendapatkan Air Suci Pembersihan atau Tirta Panglukatan dan gelang Tri Datu yang sudah diberkati Jro Mangku.

Kegiatan ini dihadiri jajaran Direksi PT. Alam Sutera, Tbk., mengenakan pakaian adat Bali bernuansa putih dan kuning, dilengkapi tata rambut dan udeng Bali, di mana penampilan ini sesuai dengan umbul-umbul dan nuansa tedung yang menghiasi kawasan Plaza Wisnu dan Plaza Kura-Kura.

Di Plaza Kura-Kura terdapat relief Awatara, yakni perwujudan Dewa Wisnu ketika turun ke bumi,  menyelamatkan umat manusia dari malapetaka, bahkan kabarnya jika melempar koin, sambal berdoa dengan tulus ikhlas di area kolam Dewi Laksmi yang terdapat di Plaza Kura-Kura, maka permohonan bisa dikabulkan.

Editor : Asarela Astrid

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut