get app
inews
Aa Read Next : Blusukan di Serengan, Respati Ardi Bertemu Lansia yang Mengenang Jasa Gibran

Wamenaker Dorong Job Fair Career Expo 2023 Mampu Ciptakan Hubungan Kerja dan Serap Banyak Tenaga

Rabu, 27 September 2023 | 21:13 WIB
header img
Wamenaker Afriansyah Noor dorong Job Fair Career Expo 2023 mampu ciptakan hubungan kerja dan serap banyak tenaga kerja. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

SOLO, iNewsbadung.id – Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker) Ir. Afriansyah Noor, M.Si., dorong Job Fair Career Expo 2023 yang digelar Forum Pusat Karir Perguruan Tinggi se Solo Raya mampu menciptakan hubungan kerja dan menyerap banyak tenaga kerja.

Job Fair Career Expo 2023 yang digelar Selasa (26/9/2023) sampai Rabu (27/9/2023) ini juga diharapkan Wamenaker dapat menciptakan skill, upskilling dan reskilling sehingga sumber daya manusia di Indonesia bisa terserap, dengan dukungan kemampuan.

Menurut Wamenaker, pasca pandemi Covid-19, sejumlah sektor ketenagakerjaan sudah menunjukkan sejumlah perbaikan, seperti meningkatnya penciptaan lapangan kerja bagi 3,02 juta orang pada kurun waktu satu tahun, mulai Februari 2022 sampai Februari 2023.

Bahkan tingkat pengangguran terbuka dari 5,83 persen pada Februari 2022 telah berubah menjadi 5,42 persen pada Februari 2023, walaupun secara signifikan belum terlalu banyak, namun jumlah pengangguran mengalamai penurunan hingga setengah, yakni dari 10,65 juta orang pada Februari 2022 menjadi 9,59 juta pada Februari 2023.

“Seluruh perbaikan kondisi ketenagakerjaan ini bermuara pada menurunnya tingkat kemiskinan, sehingga otomatis kalau tingkat pengangguran berkurang, maka tingkat kemiskinan berkurang, yaitu sebesar 9,54 persen pada Februari 2022 menjadi 9,36 persen pada Maret 2023,” urai Wamenaker di Graha Wisata Niaga Surakarta, Selasa (26/9/2023).  

Di hadapan para rektor dan pejabat Perguruan Tinggi se-Solo Raya, Afriansyah Noor memberikan apresiasi positif, atas Job Fair Career Expo 2023 yang menggandeng menggandeng PTS se-Solo Raya.  

Job Fair Career Expo 2023 ini dinilai Wamenaker sebagai upaya bermanfaat memberikan kontribusi terhadap serapan manusia berkualitas unggul melalui pembekalan pengetahuan seputar dunia kerja.

Sedangkan bagi perusahaan, disebutkan Arfiansyah bahwa perusahaan akan memperoleh kandidat berkualitas sesuai spesifikasi jabatan yang ditawarkan.

Terkait ketenagakerjaan, pemerintah Indonesia serta Kementerian Ketenagakerjaan juga menyediakan berbagai layanan ketenagakerjaan yang dapat diakses semua masyarakat, sehingga mudah mendapatkan informasi ketenagakerjaan seperti pelatihan, lowongan pekerjaan, magang, kelembagaan dan sebagainya.

Layanan ketenagakerjaan tersebut dapat diakses secara umum melalui SIAP KERJA (Sistem Informasi dan Pelayanan Ketenagakerjaan) pada laman resmi Kementerian Ketenagakerjaan, serta aplikasi seputar informasi lowongan pekerjaan, yang mempertemukan perusahaan pemberi kerja ataupun individu pemberi kerja dengan pencari kerja, baik dalam negeri ataupun luar negeri.

Sementara Ketua Forum Pusat Karir Perguruan Tinggi se-Solo Raya, Ir. Safrudin Hamdani memberikan apresiasi atas kehadiran Wamen Ketenagakerjaan Afriansyah Noor dan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka pada Job Fair Career Expo 2023.

“Meskipun forum ini baru berdiri selama 10 bulan, namun Wamen bersedia hadir pada Job Fair Career Expo 2023, yang merupakan job fair kedua,” jelas pria yang akrab disapa Dani.  

Menurut Dani, Job Fair pertama dilakukan bulan Feberuari 2023, di mana dihadiri 3.000an pengunjung, serta diikuti 40 lebih perusahaan. Sedangkan Job Fair kedua tahun 2023 ini diikuti 45 perusahaan dengan 700 jumlah ketersediaan lowongan pekerjaan.

Dani menambahkan, Forum Pusat Karir Perguruan Tinggi se-Solo Raya ini diikuti 35 dari 62 perguruan tinggi se Solo Raya, di mana ke depannya diharapkan seluruh perguruan tinggi se Solo Raya bisa ikut bergabung.

Sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Safrudin yang juga menjabat Ketua Career Development Center (CDC) Universitas Islam Batik (UNIBA) Surakarta ini berharap ke depan bisa bersinergi dengan pemerintah, dunia usaha dan perguruan tinggi, untuk memikirkan para alumni siap untuk bekerja.

Usai mengikuti Wamenaker dan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka berkeliling stand Job Fair Career Expo 2023, Rektor Universitas Surakarta (UNSA), Dr. Hj. Astrid Widayani, S.S., S.E., M.B.A, mengaku akan meningkatkan jalinan komunikasi lebih inten dengan perusahaan industri, sehingga dapat memudahkan mencari peluang pekerjaan untuk lulusan perguruan tinggi.

“Saya merasa senang karena banyak perguruan tinggi se-Solo Raya dan perusahaan industri bergabung dalam Job Fair Career Expo 2023 ini, sehingga mampu meningkatkan jumlah lapangan kerja bagi lulusan perguruan tinggi,” terang perempuan yang juga pengurus KADIN Surakarta ini.

Beberapa perguruan tinggi Solo Raya yang ikut dalam kegiatan ini adalah Universitas Slamet Riyadi (UNISRI), Universitas Surakarta (UNSA), Universitas Tunas Pembangunan (UTP), Universitas Islam Batik (UNIBA) dan lainnya.

Semoga tulisan tentang Wamenaker dorong Job Fair Career Expo 2023 mampu ciptakan hubungan kerja dan serap banyak tenaga kerja ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, jangan lupa selalu share dan nantikan selalu tulisan lain hanya di iNewsbadung.id. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut