get app
inews
Aa Read Next : Garuda Wisnu Kencana Luncurkan Air Mineral Resmi, Perkuat Brand Awarness dan Citra Wisata Bali

Perkampungan Gelgel di Klungkung Bali Desa Islam Tertua, Diawali dari 40 Prajurit Muslim Majapahit

Selasa, 19 September 2023 | 17:19 WIB
header img
Perkampungan Gelgel  merupakan desa Islam tertua yang ada di Klungkung, Bali. Foto:kampunggelgel.desa

JAKARTA, iNewsBadung.id - Perkampungan Gelgel merupakan desa Islam tertua yang ada di Klungkung, Bali. Perkampungan Gelgel menjadi desa Islam tertua ini konon telah ada sejak zaman dahulu, di mana penduduknya berasal dari 40 prajurit Muslim Majapahit.

Menurut informasi dari laman resmi Desa Kampung Gelgel, terdapat peristiwa penting dalam sejarah Pemerintahan Dalem Ketut Ngelesir, yang menjadi Raja Gelgel I (1380 - 1460). Pada masa itu, Raja Bali melakukan kunjungan ke Keraton Majapahit saat Raja Hayam Wuruk mengadakan konferensi Kerajaan-kerajaan di seluruh Nusantara.

Ketika Raja Bali bernama Dalem Ketut Ngelesir kembali ke Bali, ia diiringi oleh 40 pengiring dari Kerajaan Majapahit yang beragama Islam. Setibanya di Bali, 40 pengiring tersebut diberikan tempat atau hadiah, yaitu di daerah Gelgel.

Dari 40 pengiring tersebut, beberapa di antaranya kembali ke Jawa, beberapa menuju ke bagian timur, dan sebagian lainnya memilih menetap di Gelgel hingga saat ini.

Sementara itu, terdapat cerita lain yang menyebutkan bahwa orang-orang Islam di Gelgel hingga saat ini mengakui asal-usul mereka berasal dari Tanah Jawa, yaitu orang-orang Majapahit. Mereka berjumlah 40 orang yang datang ke desa tersebut sebagai Pengiring Dalem dari Majapahit.

Dalam cerita lainnya, salah satu Raja Gelgel yang terkenal adalah Dalem Waturenggong, yang memerintah dari tahun 1480 hingga 1550. Selama masa pemerintahan Dalem Waturenggong, Pulau Bali tidak lagi berada di bawah kekuasaan Kerajaan Majapahit.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut