get app
inews
Aa Read Next : Layani Pemudik, UNSA Buka Bengkel Siaga Lebaran

Melihat Keseruan Kuli Bangunan di Karanganyar Saat Upacara Kemerdekaan di Lokasi Kerja

Jum'at, 18 Agustus 2023 | 09:04 WIB
header img
Tak mau kalah, pekerja bangunan gelar upacara kemerdekaan di lokasi kerja. Foto : iNewsbadung.id / Burhani

KARANGANYAR, iNewsbadung.id - Sejumlah kuli bangunan ikut melaksanakan upacara bendera dalam rangka perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. 

Terlihat para kuli bangunan itu memanfaatkan peralatan yang ada untuk bisa mengibarkan bendera merah putih di lokasi kerja mereka. Bendera merah putih itu tampak dikibarkan di sebuah batang bambu untuk penyangga bangunan. 

Sementara itu, para kuli bangunan lainnya ada yang bertindak sebagai petugas upacara. Seperti pemimpin upacara, pengibar bendera Merah Putih,  petugas pembawa teks Pancasila. Pembaca teks Proklamasi, UUD 1945 hingga pembaca doa. 

Mereka khusyu’ mengikuti upacara ini meski  dengan mengenakan pakaian yang mereka kenakan sehari-hari saat bekerja. Mereka berdiri di depan tiang bendera dengan sikap sempurna. Hamdi bertugas sebagai pengibar bendera bersama dua orang lainnya.

Para kuli bangunan lainnya terlihat berbaris seperti peserta upacara dan kemudian menghormat ke arah bendera. Mereka serentak menyanyikan lagu Indonesia tanpa diiringi musik apapun. 

Selain itu, mereka turut mengheningkan cipta, mengenang jasa pahlawan Indonesia, baik yang dikenal ataupun tidak dikenal. Ternyata upacara yang didukung oleh tokoh pemuda asal Colomadu bernama Wawan Pramono digelar secara spontan. Yang mana saat itu Wawan yang tak sengaja melihat para pekerja bangunan tersebut sedang berkumpul di proyek.

"Sontak tanpa rencana dan persiapan saya mencoba mengajak 45 pekerja bangunan tersebut memperingati HUT RI ke 78 dengan upacara bendera," jelasnya, Kamis (17/8/2023). 

Editor : Bramantyo

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut