get app
inews
Aa Read Next : 75 Desa Wisata Terbaik Lolos ADWI 2023, Inilah Kriteria Penilaiannya

Wonderful Indonesia Garap Pasar Amerika untuk Tingkatkan Citra Pariwisata di Dunia Internasional

Sabtu, 05 Agustus 2023 | 23:47 WIB
header img
Wonderful Indonesia Garap Pasar Amerika untuk Tingkatkan Citra Pariwisata di Dunia Internasional. Foto : kemenparekraf.go.id

JAKARTA, iNewsbadung.id - Wonderful Indonesia garap pasar Amerika untuk tingkatkan citra pariwisata di dunia internasional lewat Expo Indonesia en Mexico (EIM) 2023.

Expo Indonesia en Mexico 2023 ini adalah event untuk memperingati 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia dengan Meksiko, di mana menghadirkan pameran Trade, Tourism, dan Investment (TTI).

Pameran Trade, Tourism, dan Investment (TTI) pada Expo Indonesia en Mexico 2023 ini adalah pertama kali dihadirkan bertujuan untuk kolaborasi antara KBRI Mexico City, Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di Mexico City, Kementerian Perdagangan RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Investasi/BKPM. 

Badan Pusat Statistik (BPS) sudah mencatat kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mengalami pertumbuh lebih dari 250,33 persen, atau menjadi menjadi 5,19 juta kunjungan wisatawan. 

Disebutkan pula bahwa dalam hitungan bulanan, kunjungan wisatawan luar negeri pada bulan Juni ke Indonesia mencapai 1,06 juta kunjungan, di mana sebagai penanda realisasi tertinggi, sejak 2020 sebelum pandemi COVID-19. 

Sementara kunjungan wisatawan mancanegara dari wilayah Amerika menjadi salah satu fokus penting untuk pasar pariwisata Indonesia. 

Kunjungan wisatawan dari kawasan Amerika ini mengalami kenaikan sesuai tren yang cukup signifikan sejak dibukanya perbatasan tahun 2022. 

Kunjungan wisatawan Amerika pada periode Januari-Juni 2023 mencapai  267.147, di mana mengalami kenaikan sebesar 403,55 persen dalam periode yang sama di tahun sebelumnya.

Di kawasan Amerika, Meksiko adalah salah satu pasar terbesar yang sudah mencapai angka 5.734 kunjungan, meningkat sebesar 601,84 persen.

Perkembangan ini dinilai Sandiaga Uno sebagai pertanda baik kebangkitan industri pariwisata Indonesia, terkhusus sesudah status pandemi COVID-19 dicabut WHO. 

Iklim industri pariwisata ditambahkan Menparekraf telah mulai kondusif, di mana menjadi peluang Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif kembali mengerjakan pasar utama wisatawan mancanegara dari wilayah Amerika, lewat berbagai kegiatan promosi sepanjang tahun, termasuk di Mexico City

"Kami berharap kegiatan ini mampu menunjang pencapaian target 8,5 juta wisatawan mancanegara di 2023, serta  penciptaan 4,4 juta lapangan kerja di tahun 2024,” ujar Sandiaga Uno. 

Partisipasi dan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang digarap Wonderful Indonesia antara lain memberikan fasilitas kehadiran perwakilan industri pariwisata seperti agen perjalanan, akomodasi, serta tur operator berfokus pada pasar benua Amerika. 

Di samping itu juga memberikan fasilitas aktivasi kegiatan promosi pada destinasi wisata Indonesia terutama 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP), penjualan paket wisata Indonesia, business matching, pertemuan travel agent Mexico, pengisian survei pengunjung, pelayanan informasi, distribusi bahan promosi pariwisata Indonesia, dan  Interactive games online dan offline

Dukungan lain yang diberikan Kemenparekraf adalah mendukung penampilan tim kesenian yang dilakukan tim Diaspora di Amerika. 

Kegiatan yang digelar di Centro de Conveciones, Meksiko, Kamis (3/8/2023) sampai Sabtu (6/8/2023) ini disebut Ni Made Ayu Marthini, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf bahwa partisipasi aktif Wonderful Indonesia dalam Expo Indonesia en Mexico 2023 adalah langkah strategis memantapkan kembali posisi brand Wonderful Indonesia, agar tetap menjadi top of mind di Amerika. 

Salah satu langkah yang dilakukan Kemenparekraf adalah menyebarluaskan informasi tentang perkembangan destinasi wisata di Indonesia, di mana menyesuaikan dengan tren dan kebutuhan dari para traveler. 

Menurut data BPS tahun 2022, Ni Made Ayu Marthini menjelaskan bahwa  kawasan Amerika adalah pasar potensial bagi quality tourism, di mana  rata-rata pengeluaran per kunjungan mencapai 2.248 dolar AS, dengan lama lama tinggal rata rata adalah 17 malam.

“Wisatawan mancanegara asal Mexico sangat menyukai wisata alam dan petualangan, seperti melihat orang utan di Kalimantan, serta mengunjungi gunung dan kawah gunung di Jawa dan Bali, di selatan ataupun utara," ungkap Made. 

Wisatawan asa Mexico ini diakui Ni Made Ayu merupakan wisman repeater atau berkunjung kembali, melakukan  petualangan ke Pulau Sulawesi,  Sumatra, Lombok, dan NTT.  

"Kehadiran Indonesia di kawasan Amerika sangat penting yang menyasar potensi wisatawan secara  quality tourism bagi pariwisata Indonesia," tutur Ni Made Ayu Marthini.

Kegiatan bertema Reconnecting and Showcasing Wonderful Indonesia in The American Market ini juga menghadirkan Ni Made Ayu Marthini, sebagai narasumber, membahas perkembangan pariwisata, serta ekonomi kreatif Indonesia 2023.

Semoga tulisan tentang Wonderful Indonesia Garap Pasar Amerika untuk Tingkatkan Citra Pariwisata di Dunia Internasional ini dapat bermanfaat bagi para pembaca, silahkan share dan nantikan selalu tulisan-tulisan lain hanya di iNewsbadung.id sehingga semakin banyak pembaca mengetahui informasi menarik lain. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut