get app
inews
Aa Read Next : Bupati Badung Serahkan LKPD Unaudited 2023

Bupati Badung Giri Prasta Raih Penghargaan BNN RI di Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023

Rabu, 28 Juni 2023 | 21:23 WIB
header img
Bupati Badung Giri Prasta raih penghargaan BNN RI di Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023. Foto : setda.badungkab.go.id

BADUNG, iNewsbadung.id - Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta raih penghargaan BNN RI di Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023, Senin (26/6/2023).

I Nyoman Giri Prasta tercatat mendapatkan penghargaan di Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), yang diserahkan langsung Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia. 

Sekda Badung Adi Arnawa, mewakili Bupati Giri Prasta memberikan apresiasi atas penghargaan tersebut, di mana perolehan penghargaan ini merupakan komitmen Kabupaten Badung dalam pelaksanaan P4GN.

Adi Arnawa berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi Pemerintah Kabupaten Badung dalam memerangi penyalahgunaan narkotika, terlebih sebagai tujuan wisata internasional, Badung adalah wilayah yang rentan terjadi perilaku-perilaku tersebut. 

Terkait penghargaan yang diperoleh Bupati Badung, Sekda Adi Arnawa mendorong seluruh elemen masyarakat, termasuk generasi muda, selalu berupaya maksimal menghindari, serta menjauhkan dari peredaran atau penyalahgunaan narkotika jenis apapun. 

Menurut Adi Arnawa, penyalahgunaan narkotika adalah perilaku yang sangat merugikan diri sendiri, terkhusus sebagai generasi penerus bangsa yang memiliki tanggung jawab untuk mewujudkan negara maju.

“Penghargaan ini semoga mampu menambah motivasi Pemerintah Kabupaten Badung dalam mendorong dan bersinergi dengan BNN Kabupaten Badung, bergerak bersama melaksanakan program kegiatan BNN Pusat di Kabupaten Badung,” tegasnya. 

Penyerahan penghargaan yang dilakukan di Cultural Park Garuda Wisnu Kencana (GWK) ini juga diberikan kepada Gerakan Nasional Anti Narkoba Majelis Ulama Indonesia (Gannas Annar MUI), untuk perolehan  penghargaan bidang Pencegahan Gerakan Nasional Anti Narkoba MUI. 

Sementara Kementerian Dalam Negeri RI dengan penghargaan Bidang Biro Perencanaan, Ditjen Bea dan Cukai Kemenkeu melalui penghargaan Bidang Pemberantasan, Kanwil Kemenkumham Provinsi DIY untuk  penghargaan Bidang Hukker, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dengan penghargaan Bidang Pemberantasan dan Lembaga Rehabilitasi Mari Indonesia Bersinar (Marindo) dan KSU Gayo Coffee Mountain Leuser, mendapatkan penghargaan Bidang Pemberdayaan Masyarakat.

Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) atau International Day Against Drug Abuse Illicit Trafficking adalah bentuk keprihatinan dunia terhadap korban penyalahgunaan narkotika, sekaligus wujud perlawanan untuk  salah satu kejahatan luar biasa (extraordinary crime) yang telah menjadi tantangan negara-negara di seluruh dunia.

Peringatan HANI 2023 ini bertema 
People First: Stop Stigma and Discrimination, Strengthen Prevention’, yang ditetapkan United Nations Office on Drugs and Crime (UNODC), di mana bertujuan menghapus stigma dan diskriminasi terhadap korban penyalahgunaan narkotika, dan  memperkuat aksi pencegahan untuk  menekan angka penyalahgunaan narkotika di dunia.

Sebagai leading institution dalam P4GN, peringatan HANI 2023 di Indonesia dilakukan BNN RI sebagai momentum percepatan aksi perang melawan narkotika, sesuai tema ‘Akselerasi War On Drugs menuju Indonesia Bersinar’.

Terkait peringatan Hari Anti Narkotika Internasional ini Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia, Komjen Pol. Petrus Reinhard Golose, memberikan apresiasi dan terima kasih setinggi-tingginya terhadap semua pihak yang sudah  bekerjasama, berkolaborasi, saling koordinasi, dan bersinergi dengan BNN RI secara kesinambungan menuju Indonesia Bersinar, Bersih Narkoba. 

Semoga tulisan tentang Bupati Badung Giri Prasta raih penghargaan BNN RI di Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) 2023 ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Silahkan share tulisan ini dan nantikan selalu tulisan-tulisan lain hanya di iNewsbadung.id, sehingga semakin banyak orang mengetahui informasi menarik lainnya. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut