get app
inews
Aa Read Next : Resep Martabak Telur, Camilan Nikmat yang Enak Dimakan Selagi Masih Hangat

Resep Sambal Pecel Solo Ini Banyak Diburu untuk Hidangan, Oleh-oleh dan Ide Bisnis

Sabtu, 13 Mei 2023 | 20:43 WIB
header img
Resep sambal pecel Solo yang banyak diburu untuk hidangan, oleh-oleh dan ide bisnis. Foto : iNewsbadung.id / Asarela Astrid

BADUNG, iNewsbadung.id - Resep sambal pecel Solo yang banyak diburu untuk hidangan, oleh-oleh dan ide bisnis ini bukan rahasia lagi, karena merupakan resep turun temurun yang sudah banyak diterapkan sehari-hari. 

Sambal pecel Solo atau sambel pecel memang menyegarkan, selalu bikin nagih menjadi salah satu makanan favorit warga masyarakat ataupun para wisatawan saat berkunjung ke Solo. 

Ya, sebagai salah satu makanan khas Solo, sambal pecel memang terlihat sederhana, namun menyegarkan dan menyehatkan. 

Tidak hanya itu, meskipun terlihat sederhana, sambal pecel bisa menjadi ide bisnis yang menjanjikan, karena setiap kali berkunjung ke Kota Solo, banyak wisatawan mencari sambal pecel untuk dibawa pulang, ataupun sebagai oleh-oleh. 

Sambal pecel paling enak jika disajikan lengkap dengan nasi disertai sayuran seperti bayam, daun kenikir, kacang panjang, taoge dan wortel, serta variasi sayur lain yaitu bunga turi, buncis, dan daun kol. 

Sebagai pelengkap nasi pecel, makanan ini paling enak disantap saat pagi dan siang hari, sehingga tidak heran jika berkunjung ke Solo, banyak warung makan yang menjual nasi pecel selalu diserbu pembeli saat jam makan pagi atau makan siang. 

Meskipun banyak usaha rumahan yang menjual sambal pecel dengan berbagai ukuran dan kemasan, namun tidak sedikit yang membuat sendiri sambal pecel. 

Dari pengalaman iNewsbadung.id, membuat sambal pecel tidaklah sulit, namun juga tidak mudah, karena banyak hal harus dipersiapkan agar rasanya tidak melenceng. 

Karena itu tidak sedikit orang lebih memilih membeli sambal pecel yang sudah jadi, sehingga tinggal ditambahkan air sesuai selera. 

Jika ingin membuat sambal pecel sendiri, perlu memperhatikan cara menghaluskan bumbu, karena penggunaan cara yang berbeda, akan menghasilkan rasa berbeda pula. 

Menghaluskan bumbu dengan cobek atau ulekan atau ditumbuk dengan lumpang akan berbeda rasanya dengan bumbu yang dihaluskan dengan blender. 

Rasa terbaik sambal pecel dapat diperoleh secara manual dibandingkan mesin, namun untuk mempersingkat waktu, serta tidak terlalu banyak menguras tenaga, pemakaian mesin penghalus bumbu ataupun blender menjadi pilihan yang sering dilakukan. 

Sementara bahan-bahan resep sambal pecel sangat mudah diperoleh, baik di warung-warung, mini market, swalayan, pasar, ataupun tukang sayur keliling. 

Untuk harga bahan-bahan pun sangat terjangkau, tergantung jumlah gramatur sambal pecel yang ingin dihasilkan.

Berikut resep sambal pecel Solo yang banyak diburu untuk hidangan, oleh-oleh dan ide bisnis, resep turun temurun yang sudah dipraktekkan iNewsbadung.id. 

Bahan-bahan :
- Kacang tanah  (150 gram) 
- Gula merah (75 gram)
- Bawang putih (5 buah) 
- Cabe merah (30 gram)
- Cabe rawit (10 buah)
- Kencur (25 gram)
- Daun jeruk (3 lembar), buang tulang dan iris halus
 - Garam (2 sdt)
- Minyak goreng (secukupnya)

Cara Membuat :
1. Cuci bersih kacang tanah, bawang putih, cabe, kencur dan daun jeruk. 

2. Goreng kacang tanah sampai berwarna kecoklatan, angkat kemudian  tiriskan. 

3. Goreng bawang putih, cabe merah, cabe rawit dan kencur hingga layu, kemudian tiriskan. 

4. Haluskan bawang putih, cabe merah, cabe rawit dan kencue, lalu tambah dengan garam. 

5. Campur kacang tanah yang telah digoreng, lalu haluskan. 

6. Tambahkan pula gula merah yang telah disisir halus, serta daun jeruk sampai tercampur rata. 

7. Padatkan semua bumbu yang sudah dihaluskan. Jika sudah padat dapat dimasukkan kemasan, dan siap untuk disimpan, sehingga bisa digunakan beberapa kali. 

8. Dapat pula dimasukkan kemasan untuk diberi label dan siap untuk dijual. 

9. Saat menyajikan, jangan lupa terlebih dahulu diencerkan dengan sedikit air panas. 

Nah, sambal pecel pun sudah siap, dan jika sudah diencerkan bisa dituangkan di atas sayur yang sudah direbus terlebih dahulu. 

Nasi pecel akan semakin nikmat jika ditambahkan lauk, seperti telur ceplok, ayam bakar, rempeyek teri, rempeyek kacang, tahu bacem, tempe bacem atau karak. 

Semoga resep sambal pecel Solo yang banyak diburu untuk hidangan, oleh-oleh dan ide bisnis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca. 

Nantikan resep dan tulisan lain hanya di iNewsbadung.id, serta bagikan tulisan ini, agar setiap orang dapat membuat nikmatnya sambal pecel dengan mudah. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut