get app
inews
Aa Read Next : Bagikan 100 Mie Kekinian Gratis, Resto Mom’s Kitchen Berharap Mampu Berinovasi

Jalan Salib, Cara GJKI Kopen Kartasura Hayati Jumat Agung

Sabtu, 08 April 2023 | 21:15 WIB
header img
Prosesi Jalan Salib di GJKI Kopen Kartasura. Foto : Istimewa

SUKOHARJO, iNewsbadung.id - GJKI Kopen Kartasura hayati Jumat Agung dengan jalan salib, dimana ratusan jemaat dewasa dan remaja melakukan prosesi keagamaan ini dengan rute menuju Gunung Kunci, selatan bekas Keraton Kartasura yang berjarak sekitar satu km. 

Kepada iNewsbadung.id, Pendeta Jokanan Unus Prayitna, Gembala Sidang GJKI Kopen, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah mengatakan bahwa acara prosesi keagamaan Jalan Salib bagi jemaat GJKI sudah diadakan empat kali, dimulai sejak tahun 2020, dengan jumlah peserta yang terus bertambah setiap tahun. 

Ditambahkan Pendeta Jokanan Unus yang mulai merintis pelayanan di GJKI sejak awal mula, tujuan diadakan prosesi Jalan Salib adalah agar jemaat semakin bisa menghayati makna pengorbanan Yesus Kristus di kayu salib, saat Jumat Agung. 

Disamping tujuan utama itu, Pendeta yang juga dikenal aktif di berbagai komunitas lintas iman dan kebudayaan itu, juga ingin itu mengakrabkan anggota jemaat GJKI yang digembalakannya dengan kontekstualisasi budaya Jawa, dan mengangkat destinasi Gunung Kunci sebagai ikon wisata di Kartasura, Sukoharjo.

Acara Jalan Salib jemaat GJKI Kopen, Ngadirejo, Kartasura, Sukoharjo itu dimulai pukul 16.00 wib, diawali pujian dan doa, dilanjutkan berjalan serta  puasa menaiki Gunung Kunci. 

Saat turun dari Gunung Kunci segenap jemaat Gereja GJKI penuh antusias berbagi telur Paskah kepada masyarakat sekitar, sebelum berbuka puasa dengan nasi bungkus. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut