get app
inews
Aa Read Next : Maknai Hari Pramuka 2023, SD Pangudi Luhur St Timotius Surakarta Luncurkan Film Drama Komedi PERSAMI

Satu Abad SD Pangudi Luhur Santo Timotius Solo, Refleksi Perjalanan Sejarah (Catatan I)

Senin, 03 April 2023 | 21:39 WIB
header img
Satu abad SD Pangudi Luhur Santo Timotius Solo, refleksi perjalanan sejarah penuh makna. Foto : istimewa

SOLO, iNewsbadung.id - Satu abad hari jadi SD Pangudi Luhur Santo Timotius Solo, refleksi perjalanan sejarah penuh makna ini, sangat berarti bagi keluarga besar sekolah yang berada di Jalan Sugiyopranoto Kampung Baru Solo. 

Perjalanan panjang dan berliku pernah dilalui SD ini, untuk membentuk siswa-siswi cerdas dan berbudi luhur, sesuai visi yang diemban. 

Terkait tulisan Satu abad hari jadi SD Pangudi Luhur Santo Timotius Solo, refleksi perjalanan sejarah penuh makna, inilah catatan iNewsbadung.id dari liputan, wawancara serta rangkuman dari berbagai sumber. 

1. Tahun 1921

Perjalanan SD Pangudi Luhur Santo Timotius dimulai sejak tahun 1921, dimana saat itu berada di kawasan Widuran, yang pernah dipakai sebagai bioskop Star Theater atau GBI Keluarga Allah sekarang. 

2. Pindah 

Periode Tahun 1923 – 1942, dimana 
mulai tahun 1923, sekolah ini pindah ke daerah Purabayan, dan dikenal dengan sebutan RK atau Hollandsch Inlandsche School (HIS) Purabayan. 

3. Sesuai Prasasti 

Jika dilihat dari prasasti yang berada di  tembok kantor SD Pangudi Luhur Surakarta, tercatat jika 6 April 1923, sekolah ini menempati gedung yang terletak di Jalan Asrama No.1 atau  sekarang Jalan Sugiyopranoto No. 1 Surakarta, dimana sejak 3 April 1923 berubah nama menjadi RK / HIS Purabayan. 

Editor : Asarela Astrid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut