get app
inews
Aa Read Next : Garuda Wisnu Kencana Luncurkan Air Mineral Resmi, Perkuat Brand Awarness dan Citra Wisata Bali

8 Aktivitas yang Dilakukan Wisatawan New Zealand Setelah Dibuka Rute Penerbangan ke Indonesia

Sabtu, 01 April 2023 | 12:13 WIB
header img
Penerbangan Air New Zealand dibuka kembali untuk rute penerbangan Auckland - Denpasar. Foto : Angkasa Pura I / kemenparekraf.go.id

BALI, iNewsbadung.id - Inilah 8 aktivitas wisata yang dilakukan wisatawan New Zealand setelah dibuka kembali rute penerbangan langsung ke Indonesia.

Ya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Kemenparekraf / Baparekraf telah  bekerjasama dengan Air New Zealand, mengadakan aktivitas wisata mengenalkan stakeholders untuk menggaungkan pariwisata, serta  ekonomi kreatif Indonesia ke pasar Selandia Baru atau New Zealand. 

Program yang diberi nama program kolaboraksi dijalin untuk menyambut baik pengoperasian kembali rute penerbangan maskapai Air New Zealand, dari Auckland ke Denpasar setelah vakum tiga tahun akibat pandemi COVID-19.

Dirilis iNewsbadung.id dari siaran pers Kemenparekraf, Sandiaga Salahuddin Uno, mengatakan jika New Zealand adalah pasar potensial bagi pariwisata Indonesia. 

Dari data sebelum pandemi menunjukkan jika rata-rata lenght of stay wisatawan New Zealand adalah 10 dan 13 hari, dengan average spending per arrival (ASPA) mencapai  angka 1.376 dolar AS. 

Dimana angka ini setara dengan data  wisatawan Eropa, yang terkenal sangat  royal berbelanja ketika berwisata.

Menparekraf Sandiaga Uno menargetkan adanya peningkatan jumlah dan kualitas wisatawan mancanegara, namun tetap menghargai masyarakat lokal, mengeksplorasi destinasi, mendorong spending lebih banyak, dan meningkatkan lama tinggal. 

Sementara Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf / Baparekraf, Ni Made Ayu Marthini, mengatakan bahwa kampanye Bali Add-on ini juga mengajak semua wisatawan menambah satu destinasi pulau lain untuk kunjungan berikutnya, yakni Mandalika Lombok, Labuan Bajo, serta Borobudur dimana secara proximity dekat dengan Bali. 

Ni Made juga menjelaskan pentingnya aspek konektivitas untuk pemulihan sektor pariwisata, mengingat demand ke Indonesia semakin cepat meningkat.

"Kami bekerja dengan mitra maskapai udara asing seperti Air New Zealand membuka kembali rute, dan mengisi kapasitas penumpang sampai tingkat masa sebelum pandemi," ujar Ni Made.

Leanne Geraghty, Air New Zealand’s Chief Customer and Sales Officer menyebutkan, Bali merupakan destinasi yang sesuai bagi beragam tipe turis atau wisatawan, untuk 
mencari kehangatan pantai tropis, keluarga yang hendak berpetualang,  ataupun bagi pasangan yang mendambakan nuansa damai dan  romantis. 

Ditambahkan Leanne, Bali menjadi  salah satu rute paling populer, dimana pada 2019, lebih dari 17 ribu wisatawan terbang ke Denpasar. 

"Kami sangat senang dapat menghubungkan kembali Kiwis atau sebutan untuk masyarakat New Zealand, dengan destinasi liburan teratas yang menjadi rute seasonal internasional terakhir yang kami operasikan kembali setelah pandemi," ungkap Leanne.

Terkait progam kolaborasi bertema Wellness & Sustainability yang diikuti   tiga media besar di New Zealand yaitu New Zealand Herald, Stuff, Newshub dan in house media maskapai Air New Zealand yakni Kia Ora Magazine, dilakukan Rabu (29/3/2023) sampai Minggu (2/4/2023). 

Kegiatan yang dikemas dalam aktivitas wisata tematik ini memberikan first hand experience di tempat wisata Bali yang berbeda pasca pandemi, membawa peserta wisata dalam kegiatan waste tour serta awellness experience

Selama kunjungan wisatawan New Zealand ke Bali, apa saja yang dilakukan?

Inilah 8 aktivitas wisata yang dilakukan wisatawan New Zealand setelah dibuka kembali rute penerbangan langsung ke Indonesia. 

1. Kelas Yoga 

Para wisatawan mengikuti kelas Yoga yang dapat memberikan ketenangan jiwa dan batin. 

2. Kelas Jamu 

Tidak hanya merasakan dan membeli jamu, para peserta juga diberikan kesempatan membuat jamu tradisional, sehingga mempunyai pengalaman tersendiri dalam proses pembuatan jamu. 

3. Sound Healing 

Para peserta juga diajak mendengarkan sound healing di Desa Potato Head.

4. Menjelajah Bangli 

Menjelajah wilayah Bangli termasuk melihat keindahan Air Terjun Tukad Cepung menjadi pengalaman tersendiri, apalagi tempat wisata ini  sangat fotogenik menjadi destinasi utama. 

5. Menyaksikan Tari Kecak 

Tidak kalah menarik adalah melihat suguhan budaya yakni melihat  tari kecak, dengan latarbelakang matahari terbenam di Uluwatu.

6. Mengikuti Ritual dan Upacara Adat 

Kunjungan ke Bali semakin lengkap dengan melihat dan merasakan sentuhan budaya, seperti melihat siklus hidup orang Bali dari lahir sampai meninggal melalui ritual, upacara adat di Samsara Living Museum Karangasem. 

7. Kelas Memasak 

Aktivitas kelas masak menjadi upaya mendukung program Indonesia Spice Up The World, dengan harapan dapat mengexposure terhadap bumbu rempah, serta gastronomi Indonesia sehingga mendapatkan highlight untuk artikel, tulisan, serta pemberitaan yang dilakukan para peserta, sehingga dapat mewujudkan kontraprestasi keikutsertaan untuk program kolaboraksi. 

8. Treatment Spa 

Perjalanan penuh pengalaman menyenangkan ini akan ditutup dengan sempurna melalui treatment spa terbaik. 

Pengoperasian kembali rute Auckland - Denpasar (PP) menggunakan kode penerbangan NZ 64/NZ 65 dengan armada pesawat wide body 787-9 Dreamliner berkapasitas 302 seats, telah beroperasi perdana Rabu (29/3/2022) dan berakhir Jumat (27/10/2023) dengan rute seasonal.

Dimana frekuensi penerbangan dilakukan tiga kali sepekan, yakni Rabu, Jumat, dan Minggu dengan estimasi waktu kedatangan di Denpasar yaitu pukul 16.20 WITA, dan keberangkatan pukul 17.30 WITA.

Untuk mengoptimalkan kontraprestasi,  Kemenparekraf berusaha memastikan semua peserta merasa nyaman, serta mendapatkan pelayanan terbaik. 

Semoga tulisan inilah 8 aktivitas wisata yang dilakukan wisatawan New Zealand setelah dibuka kembali rute penerbangan langsung ke Indonesia ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Nantikan selalu tulisan-tulisan lain hanya di iNewsbadung.id, serta silahkan share tulisan ini agar semakin banyak orang mengerti Balo, sehingga mampu meningkatkan kunjungan wisatawan ke tanah air, untuk menggerakkan ekonomi, serta  membuka lapangan kerja. ***

Editor : Asarela Astrid

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut