get app
inews
Aa Read Next : Dukung Kota Solo sebagai Kota MICE, Kelurahan Kauman Ikuti Pelatihan Layanan Prima

Tak Terduga, Gubernur bikin Penonton Ketoprak Sumpah Amukti Palapa Puas

Senin, 12 Desember 2022 | 08:49 WIB
header img
Tampil sebagai Patih Gajah Mada, Gubernur Ganjar sampaikan pesan untuk masyarakat Solo (Foto : iNesbadung.id / Humas Pemprov Jateng)

SOLO, iNewsbadung.id - Tak terduga, penonton ketoprak "Sumpah Amukti Palapa" merasa puas, saat menonton pagelaran ini. 

Terlebih saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tiba-tiba masuk,ikut bermain pada adegan dagelan, yang digelar di Auditorium RRI Surakarta

Inilah sekilas ulasan kisah sejarah Patih Gajah Mada, pada pagelaran ketoprak yang dilaksanakan Sabtu (10/12/2022), dilansir dari Humas Pemprov Jawa Tengah.

1. Pemberontakan Rakuti

Bermula saat Kerajaan Majapahit mendapatkan serangkaian  pemberontakan dari Ra Kuti, yang embuat Ratu Tri Bhuwana Tungga Dewi geram, karena keadaan sulit dikendalikan.

2. Hadirnya Gajah Mada 

Hingga saatnya tiba, Gajah Mada mampu meredam konflik, yang akhirnya membuatnya diangkat menjadi Maha Patih. 

3. Sumpah Palapa

Setelah diangkat menjadi Maha Patih, Gajah Mada punemyeeukan Sumpah Palapa, di hadapan Rati serta para punggawa kerajaan. 

4. Surprise untuk Penonton 

Adegan beralih, penonton yang sudah mulai hanyut dengan alur cerita dari awal, mendadak pecah, oleh riuh tepuk tangan,  saat Gubernur Ganjar, tiba-tiba memasuki panggung. 

5. Duet dengan Seniman 

Tampil kurang lebih selama 35 menit, Ganjar berduet dengan dua seniman kawakan, yakni Susilo Nugroho atau akrab disapa Den Baguse Ngarso dan Dayat. 

6. Singgung Pidato Presiden 

Duet pun tidak lepas dari pidato Presiden Jokowi yang viral, yang menyinggung  soal kening berkerut serta rambut putih, yang menjadi kriteria pemimpin untuk  memikirkan rakyat. 

7. Tepuk Tangan Penonton

Tak disangka, tepuk tangan dan koor tawa penonton menggemuruh berulang-ulang saat banyolan-banyolan penuh pesan bermakna, dilontarkan Ganjar, tidak terkecuali saat mengulas pidato presiden. 

8. Tanpa Latihan 

Diakui Ganjar, meskipun ikut main ketoprak, namun ia tidak ikut latihan, namun penampilannya banyak didukung beberapa pemain profesional.

9. Libatkan Kagama Solo

Pagelaran yang dihelat Keluarga Alumni Gajah Mada (Kagama) Solo ini juga banyak melibatkan para alumni dari Solo sebagai pemain ketoprak.

10. Dukung Seni Budaya 

Pentas ketoprak ini diakui Ganjar sebagai bukti, bahwa seni budaya masih terus berjalan di tengah-tengah masyarakat, yang semakin maju. 

11. Pesan Patih Gajah Mada 

Diambilnya lakon Sumpah Amukti Palapa, lantaran penyelenggara ingin menyampaikan pesan semangat Patih Gajah Mada dalam menyatukan Nusantara, dimana ada pesan bagaimana negeri ini pernah dibangun, ada sejarah dan bagaimana mempertahankan.

12. Kesan Berharga 

Anggota Kagama ini juga memiliki kesan berharga, Den Baguse Ngarso adalah  artis ternama, dan senang bersama mereka, membicarakan nasib bangsa ke depan, serta apa yang mesti dilakukan. 

13. Pertahankan Akar Budaya 

Pesan lain adalah agar tidak 
kehilangan akar budaya, ada penghormatan antar sesama termasuk anak ke orangtua, serta agar teknologi tidak sampai mencerabut jatidiri. ***

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut