get app
inews
Aa Read Next : Tangkap Ikan Pakai Potasium, 2 Nelayan di Nias Selatan Diamankan Polisi

Melihat Dekat Desa Pembuatan Kapal di Pesisir Pemalang

Rabu, 07 Desember 2022 | 18:08 WIB
header img
Melihat Dekat Desa pembuat perahu di Pemalang (Foto: Aryanto)

PEMALANG, iNewsbadung.id - Kabupaten Pemalang, salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di pesisir laut Jawa.

Mayoritas mata pencarian penduduk di Kabupaten Pemalang ini adalah Nelayan. Hampir setiap hari, pasokan ikan laut segar berasal dari Pemalang.

Ikan-ikan ini setiap harinya dibawa ke darat dengan menggunakan perahu yang kebetulan juga dibuat oleh sebagian masyarakat Pemalang sendiri. Diantaranya di Desa Asemdoyong RT. 045 RW. 09, Kecamatan Taman, Kabupaten Pemalang. 

Di desa ini terdapat bengkel perahu milik salah satu warga bernama Muhtadi.

Bengkel pembuatan perahu milik Muhtadi terletak tak jauh dari kediamannya, yaitu di dekat sekitaran sungai Waluh, yang biasa disebut kali Elon oleh masyatakat sekitar.

Dalam membuat perahu, Muhtadi tentu tidak mengerjakan seorang diri, ia dibantu oleh beberapa orang temannya. Muhtadi sendiri bukanlah asli orang Asemdoyong, tetapi karena keahliannya membuat perahu dan sudah sekitar 32 tahun ia menetap di wilayah itu menekuni pekerjaanya sebagai tukang pembuat perahu.

"Kerjanya saya disini mas, saya tekuni, sementara untuk mencari pekerjaan lain saya tidak bisa, karena keahlian saya cuma bisanya membuat atau memperbaiki perahu," ucapnya. 

Editor : Dian Burhani

Follow Berita iNews Badung di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut