Logo Network
Network

Mengenal Denjaka, Satuan Elit Khusus TNI AL Mampu Pukul Musuh Satu kali Gebrakan

Tim Okezone
.
Sabtu, 24 September 2022 | 12:36 WIB
Mengenal Denjaka, Satuan Elit Khusus TNI AL Mampu Pukul Musuh Satu kali Gebrakan
Denjaka Satuan elit TNI Al yang ikut mengawal perjalanan Presiden Joko Widodo ke Ukraina dan Rusia (Foto: Sindonews)

BANDUNG,iNewsbadung.id - Tentara Nasional Indonesia (TNI) memiliki pasukan elit ditiap-tiap kesatuan. Salah satunya di kesatuan TNI Angkatan Laut. TNI AL memilik satuan Detasemen Jala Mangkara atau dikenal dengan sebutan Denjaka. Satuan elit yang di bentuk secara resmi oleh TNI AL pada 13 November 1984 ini kehebatannya tak perlu diragukan lagi.

Tugas utama dari pasukan baret ungu ini adalah sebagai satuan antiteror yang bisa dioperasikan dimana saja, terutama di laut. Spesialisasi mereka adalah antiteror dan antisabotase di laut dan daerah pantai.

Anggotanya merupakan gabungan antara personel Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Batalyon Intai Amfibi (Yontaibi). Dengan kata lain, Denjaka merupakan dua tim elit yang digabung menjadi satu sehingga menjadi satu kekuatan menakutkan.

Sebagai pasukan khusus, aktivitas Denjaka bersifat rahasia. Berbagai kegiatannya pun sangat jarang dipublikasikan. Alhasil, kekuatan bisa sangat mengejutkan musuh saat bentrok. Mereka bisa beroperasi di darat, laut, dan udara. Mereka juga kadang dilibatkan untuk pengamanan presiden.

Follow Berita iNews Badung di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.