get app
inews
Aa Read Next : Napi Korupsi Dengan Kasus Menghebohkan Bebas Bersyarat Bulan Ini, Ada Mantan Artis, Mantan Menteri

Deretan Kasus Suap Bikin Heboh, Nomor 1 Seret Nama Ferdy Sambo

Minggu, 28 Agustus 2022 | 13:55 WIB
header img
ilustrasi suap (Foto: MNC)

BADUNG,iNews.id - Sebenarnya Kasus suap sudah sering terjadi di Indonesia. Uang suap dalam kasus-kasus tersebut angkanya bervariasi, bahkan berjumlah fantastis hingga puluhan miliar. 

Selain melalui transfer, ada pula suap yang diberikan melalui amplop. Berikut kasus amplop suap yang heboh.

1. Dugaan Suap Ferdy Sambo terhadap Petugas LPSK

Tim Advokat Penegakan Hukum dan Keadilan melaporkan ke KPK perihal upaya penyuapan yang dilakukan Mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo terhadap petugas LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban). 

Upaya penyuapan terjadi ketika petugas LPSK mendatangi kantor Ferdy Sambo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, pada 13 Juli 2022. 

Diduga upaya penyuapan lewat pemberian dua amplop berwarna cokelat setebal satu sentimeter ini berkaitan dengan permohonan perlindungan terhadap istri Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, dan ajudan Ferdy Sambo, Bharada Eliezer alias Bharada E.

Sesuai kode etik, petugas LPSK menolak menerima amplop yang disodorkan oleh staf Ferdy Sambo pada saat itu. Pada Senin (22/8/2022) KPK memanggil LPSK untuk mendapatkan keterangan mengenai amplop suap tersebut.

2 Kasus Suap DPRD Banten

Anggota DPRD Banten pernah terlibat dalam kasus suap pada tahun 2015. Suap tersebut merupakan bagian dari kesepakatan antara Pemerintah Provinsi Banten dengan DPRD untuk tujuan meloloskan anggaran pembentukan Bank Banten sejumlah Rp350 miliar yang terdapat dalam APBD Banten 2016.

KPK berhasil menangkap tangan RT dari perusahaan BGD yang menyuap dua anggota DPRD Banten, SMH dan TSS. Uang yang diserahkan pelaku saat itu sebesar Rp60 juta dan USD11 ribu dalam amplop terpisah.

3. Amplop Suap ditemukan di Rumah Dinas Hakim PN Tangerang

KPK menemukan amplop cokelat berisi uang tunai sebesar Rp7.450.000 di rumah dinas tersangka suap PN Tangerang, hakim Wahyu Widya Nurfitri (WWN) saat menggeledah rumahnya sejak 13 Maret hingga 14 Maret 2018. Uang tersebut diduga merupakan suap pertama yang diserahkan. Pada amplop tersebut tertulis nama kantor hukum salah seorang advokat yang ikut terlibat. Suap tersebut berkaitan dengan penanganan kasus perdata yang terdaftar di PN Tangerang bernomor 426/Pdt.G/2017/Pn.Tng dengan pihak tergugat Hj. M, Cs.

Editor : Bramantyo

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut