get app
inews
Aa Read Next : Kagumi Keindahan Gorontalo, Surga Wisata yang Rekomended untuk Liburan Akhir Tahun 

Tradisi Nyeleneh Suku Ini, Ijinkan Nikahi Ibu Kandung Sendiri

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 21:59 WIB
header img
Suku di Gorontalo ini ijinkan nikahi saudara sekandung bahkan ibu kandung sendiri pun diijinkan untuk dinikahi Ilustrasi (Shutterstock)

BADUNG, iNews.id - Suku Polahi salah satu suku cukup terasing di Indonesia dan tinggal di pedalaman hutan. Dilansir dari berbagai sumber, tempat tinggal Suku Polahi ini tepatnya di Lereng Gunung Boliyohuto, Desa Tamaila Utara, Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo. Menariknya suku ini memiliki tradisi yang tidak lazim, yaitu menikah dengan sedarah.

Kata Polahi sendiri berasal dari bahasa Gorontalo, yaitu lahi-lahi yang artinya pelatrian. Konon sejak abad ke-17 atau pada masa penjajahan oleh Belanda, masyarakat Suku Polahi memilih untuk mengasingkan diri.

Alasan mengapa suku saat itu memilih mengasingkan diri ke hutan, lantaran mereka menolak keras untuk tunduk pada peraturan serta penindasan yang dilakukan Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC). Sejak itulah anggota suku ini hidup nomaden atau berpindah-pindah di dalam hutan.

Mereka menerapkan kehidupan nomaden, Suku Polahi tak membuat bangunan tempat tinggal yang permanen. Tempat tinggal dibuat seadanya dari kayu atau bahan yang tersedia di alam.

Editor : Dian Burhani

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut